PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDIT MTA GEMOLONG TAHUN 2017

M, Diyah Putri (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDIT MTA GEMOLONG TAHUN 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1008Kb)

    Abstract

    Abstrak Diyah Putri Muswandari. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDIT MTA GEMOLONG TAHUN 2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDIT MTA Gemolong tahun 2017 melalui penerapan model pembelajaran Number Heads Together. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, oservasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V melalui penerapan model Number Heads Together, hal tersebut terlihat dari peningkatan nilai dan ketuntasan klasikal dari setiap siklus. Pada kondisi awal ketuntasan klasikal mencapai 11,5% atau terdapat 3 siswa yang tuntas dari 26 siswa dengan nilai rata-rata 50,6. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 26,92% atau terdapat 7 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 63,08. Pada siklus II ketuntasan klasikal kembali meningkat menjadi 53,85% atau terdapat 14 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 73,75. Pada siklus III ketuntasan klasikal kembali meningkat menjadi 92,31% atau terdapat 24 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 80. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Heads Together dapat meningkatkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDIT MTA Gemolong tahun 2017. Kata Kunci: pemahaman konsep, persiapan kemerdekaan Indonesia, model pembelajaran Number Heads Together ABSTRACT Diyah Putri Muswandari. IMPROVING THE CONCEPTUAL UNDERSTANDING OF PREPARATION OF INDONESIAN INDEPENDENCE BY APPLYING NUMBER HEADS TOGETHER MODEL FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SDIT MTA GEMOLONG IN 2017. Minithesis. The Faculty of Teacher training and Education, Sebelas Maret Universuty, July 2017. The purpose of this research is to improve the understanding of preparation of Indonesian independence on the 5

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 08 Dec 2017 22:35
    Last Modified: 08 Dec 2017 22:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36758

    Actions (login required)

    View Item