PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS EARTHCOMM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK (Pokok Bahasan : Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Hidrosfer Kelas X SMA di Surakarta)

Hidayaht, Achmad Nur (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS EARTHCOMM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK (Pokok Bahasan : Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Hidrosfer Kelas X SMA di Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1319Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan multimedia pembelajaran geografi berbasisi EarthComm, efektivitas multimedia untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan spatial peserta didik; Dan menganalisis kelayakan pemanfaatan multimedia di SMA MAN 2 dan SMA MTA Surakarta dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Data kebutuhan multimedia pembelajaran dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada koresponden yang ditargetkan (2 orang guru dan 30 peserta didik). Sementara keefektifan multimedia dilihat dalam meningkatkan kemampuan dan motivasi spasial peserta didik, data kemampuan spasial diukur dengan STAT sedangkan data motivasi diukur dengan angket. Penilaian kelayakan dilakukan dengan membagikan lembar validasi ahli dan penilaian peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik uji one-way ANAVA pada taraf signifikasi 5%. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa> 75% peserta didik memiliki tingkat motivasi menengah,> 90% peserta didik memiliki kemampuan spasial rendah, dan> 80% peserta didik memerlukan pelajaran geografi yang lebih inovatif. Setelah menerapkan pembelajaran multimedia geografi berbasis EarthComm, berdasarkan hasil analisis ANOVA satu arah, diketahui bahwa multimedia efektif untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan spasial peserta didik yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi (0,00 <0,05). Selanjutnya, berdasarkan penilaian para ahli dan percobaan skala kecil yang dilakukan, diketahui bahwa pembelajaran multimedia geografi berbasis EarthComm layak untuk dilaksanakan. Kata kunci: EarthComm, Geografi, Kemampuan Spasial, Motivasi, Multimedia

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 08 Dec 2017 22:11
    Last Modified: 08 Dec 2017 22:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36751

    Actions (login required)

    View Item