Pengaruh penerapan metode bermain kreatif terhadap minat belajar anak usia 5-6 tahun

Kusumastuti, Ika Aprilia (2017) Pengaruh penerapan metode bermain kreatif terhadap minat belajar anak usia 5-6 tahun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (219Kb)

    Abstract

    Ika Aprilia Kusumastuti. K8113038. PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN KREATIF TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain kreatif terhadap anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis eksperimen menggunakan metode eksperimen kuasi (Quasy Experimental Design). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B TK Puri Mandiri I Surakarta yang berjumlah 26 anak. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau sampel penuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes behavioral checklist tentang minat belajar anak usia dini. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha menunjukkan bahwa instrumen penelitian ini valid dan reliabel. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan Lavene Test For Equality of Variance menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample t-test untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari metode bermain kreatif terhadap minat belajar anak. Berdasarkan analisis penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan rata-rata nilai pada kelas eksperimen yaitu ketika pretest sebesar 6,23 menjadi 10,85 ketika posttest. (2) Adanya perbedaan yang signifikan dari hasil nilai posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat dari penerapan bermain kreatif terhadap minat belajar anak usia 5-6 tahun. Kata kunci: Metode bermain kreatif, minat belajar, anak usia dini . ABSTRACT Ika Aprilia Kusumastuti. K8113038. EFFECT OF CREATIVE PLAY METHOD TO LEARNING INTEREST OF CHILDREN AGE 5-6 YEARS OLD . Undergraduated, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, July 2017. This study aimed to determine the effect of the use of creative play method to learning interest of children age 5-6 years old. This research is a quantitative research approach of experimental type using quasy experimental design method (Quasy Experimental Design). The study population are all children of group B TK Puri Mandiri I Surakarta which there are 26 students. The research design used full sampling. So, all of the population be the samples in this study. Data collection techniques in this study used test with behavioral checklist about interest studying scale of early childhood. The method of data collection used observation’s technique, then used interview technique and documnetation’s technique. Instrument test in this study used Kolmogorov Smirnov dan Levene Test For Equality of Variance. Hipothesys test in this study used SPSS 15 for windows data analyze in this study used parametric after the data is normal and the homogenity with signification >0,05. Hypothesis test in this study using Independent Sample T-Test to know whether there is effect of creative play method to learning interest. Based on the results of this study showed that (1) There was an increase of pretest’s mean about 6,23 into 10,85 in posttest. (2) There was different of significancy from mean of posttest between experiment class and control class with significancy 0,000(ρ<0,05).It can be concluded that there was influence of creative play method to learning interest of children age 5-6 years old Keywords: Creative Play, Student Interest, Early Children

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 08 Dec 2017 09:23
    Last Modified: 08 Dec 2017 09:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36731

    Actions (login required)

    View Item