PERMOHONAN BANDING PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN TIDAK SESUAI TUNTUTAN PIDANA DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA PENCURIAN KELAPA SAWIT (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Medan Nomor 404/PID/2015/PT.MDN)

Bisowarno, Hilmy Fadhilah (2017) PERMOHONAN BANDING PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN TIDAK SESUAI TUNTUTAN PIDANA DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA PENCURIAN KELAPA SAWIT (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Medan Nomor 404/PID/2015/PT.MDN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (933Kb)

    Abstract

    Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui dasar permohonan banding penuntut umum terhadap putusan No.300/Pid.B/2015/PN.Stb dan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim memutus permohonan banding penuntut umum dalam perkara pencurian kelapa sawit. Penelitian normatif yang bersifat preskriptif dan terapan adalah jenis yang digunakan dalam penelitian ini. Dimana sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang menggunakan studi kepustakaan untuk teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan yaitu, pertama dasar Permohonan banding yang dilakukan oleh Penuntut Umum telah sesuai dengan syarat dan proses dari Permohonan Banding sesuai dengan Pasal 67 jo Pasal 233 KUHAP. Berdasarkan pasal 67 KUHAP jo 233 KUHAP menyebutkan Terdakwa atau Penuntut Umum berhak untuk minta banding terhadap putusan pengadilan tingkat pertama. Pemohon Banding yaitu Penuntut Umum menjelaskan bahwa alasan Permohonan Banding termuat pada putusan No.300/Pid.B/2015/PN.Stb. kedua, menurut hakim Pengadilan Tinggi dalam Putusan No :404/PID/2015/PT.MDN menjelaskan bahwa Hakim dalam melihat perkara ini berpendapat bahwa pertimbangan hukum majelis hakim tingkat pertama yang mendasari putusannya mengenai telah terbuktinya secara sah dan meyakinkan terdakwa bersalah melakukan tindak pidana “Pencurian Ringan” dan lamanya pidana yang dijatuhkan telah tepat dan benar. Alasannya tetap bahwa perbuatan yang dilakukan oleh Terdakwa merupakan bagian dari Pasal 364 KUHPidana yaitu berupa Pencurian Ringan. Hakim dalam memutuskan perkara ini menggunakan dasar pertimbangan dari Peraturan Mahkamah Agung No 2 Tahun 2012 tentang Penyesuaian Batasan Tindak Pidana Ringan dan Jumlah Denda dalam KUHP. Kata kunci : Upaya Hukum, Banding, Penuntut Umum, Pertimbangan Hakim

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 08 Dec 2017 07:56
    Last Modified: 08 Dec 2017 07:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36723

    Actions (login required)

    View Item