EVALUASI PENANGANAN JALAN BERDASARKAN FUNGSIONAL DAN STRUKTURAL JALAN DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Studi Kasus: Ruas Jalan Simpang Tuan-Batas Kota Jambi)

Hasanuddin, Hasanuddin (2017) EVALUASI PENANGANAN JALAN BERDASARKAN FUNGSIONAL DAN STRUKTURAL JALAN DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Studi Kasus: Ruas Jalan Simpang Tuan-Batas Kota Jambi). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (88Kb)

    Abstract

    Dalam meningkatkan kualitas manajemen pemeliharaan dan rehabilitasi jalan diperlukan suatu penilaian kinerja perkerasan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kondisi kinerja perkerasan secara fungsional dan struktural serta rekomendasi penanganan yang dilakukan. Untuk menilai kinerja fungsional diketahui berdasarkan nilai IRI dari pembacaan alat NAASRA dan di analisis untuk menentukan rekomendasi penanganan, pada evaluasi struktural dilakukan analisis nilai lendutan dari data FWD dan menghasilkan nilai SN, dari hasil analisis didapat nilai SNeff dan SNf yang dibandingkan untuk mendapatkan nilai SCI. Nilai SCI menunjukkan rekomendasi penanganan yang dilakukan pada satu segmen jalan. Berdasarkan evaluasi fungsional dan struktural serta rekomendasinya, divisualisasikan dalam bentuk peta spasial menggunakan sistem informasi geografis. Penelitian pada ruas jalan Simpang Tuan-Batas Kota Jambi berdasarkan evaluasi fungsional, ruas jalan tersegmentasi dihasilkan 12 segmen dengan rekomendasi penanganan segmen 1, 3, 5, 7, 9 dan11 pemeliharaan rutin, segmen 2, 4, 8, 10 dan 12 pemeliharaan berkala dan segmen 6 peningkatan jalan dan berdasarkan evaluasi struktural, ruas jalan tersegmentasi dihasilkan 8 segmen dengan rekomendasi penangan segmen 1 dan 2 pemeliharaan rutin, segmen 3,4,5 dan7 pemeliharaan berkala dan segmen 6 dan 8 peningkatan jalan. Kata Kunci: International Roughness Index, Falling Weight Deflectometer, Structural Number effektif, Structural Number Future, Structural Condition Index, Sistem Informasi Geografis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Teknik Sipil - S2
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 07 Dec 2017 10:49
    Last Modified: 07 Dec 2017 10:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36696

    Actions (login required)

    View Item