PENGARUH PENILAIAN DIAGNOSTIK TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR MENSINTESISKAN KEWENANGAN LEMBAGA LEMBAGA NEGARA MENURUT UUD NRI TAHUN 1945

Dewi, Arni Wirasini Dyah Kusumasari (2017) PENGARUH PENILAIAN DIAGNOSTIK TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR MENSINTESISKAN KEWENANGAN LEMBAGA LEMBAGA NEGARA MENURUT UUD NRI TAHUN 1945. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (705Kb)

    Abstract

    ABSTRACT Arni Wirasini DKD. K6412012. "The Effect of Diagnostic Assessment to the basic competencies mastery on synthesizing the State Institution Authority according to the Constitution of Indonesia Year 1945 (Experimental Study in X Class SMA Batik 1 Surakarta Academic Year 2016/2017)". Thesis, Surakarta: Education Faculty, University of March Surakarta, in January 2017. The aim of this study is to test the effect of the Diagnostic Assessment For Basic Competencies Mastery synthesizing the State Institution Authority according to the Constitution of Indonesia Year 1945. The population of this study were students from X class of SMA Batik 1 Surakarta. The sample were X MIPA 4 class as the experiment class which use the Diagnostic Assessmentand X MIPA 3 class which use the conventional assessment through cluster random sampling technique. This research used experimental method with true-experimental design. The data collection was conducted by using test techniques to measure the basic competencies mastery, observations in the Diagnostic Assessment and document analysis techniques to gather the data on the PPKn RPP to complete the data. The data analysis using two differentation in T-test sample, while requirement test analysis using normality test and homogeneity test. The results of this research is there are differences in basic competencies mastery of students in the experimental class in the X MIPA 4 class with a basic competencies mastery of students in the control class in the X MIPA 3 class. The score of basic competencies mastery obtained from the average grade of 84.15 in experimental class and 72.35 in control class. It can be shown in the calculation of t_hitung amounted to 5,558. T_tabel then compared with the significance level of 5% amounting to 1,992 and obtained t_hitung > t_tabel, namely 5.558 > 1.992. in conclusion t_hitung > t_tabel, so H_0 rejected and H_a accepted. Therefore, it can be concluded that there are significant differences in the influence of the Diagnostic Assessment to the basic competencies mastery on synthesizing the State Institution Authority according to the Constitution of Indonesia Year 1945. Keywords: Diagnostic Assessment, mastery of basic competencies ABSTRAK Arni Wirasini DKD. K6412012. “Pengaruh Penilaian Diagnostik terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar Mensintesiskan Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Studi Eksperimen Di Kelas X Sma Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)”. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh Penilaian Diagnostikterhadap Penguasaan Kompetensi Dasar MensintesiskanKewenangan Lembaga Lembaga Negara menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Penilaian Diagnostik dan X MIPA 3 dengan penilaian konvensional melalui teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain true-experimental design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik tes untuk mengukur penguasaan kompetensi dasar, observasi dalam Penilaian Diagnostik dan dengan teknik analisis dokumen untuk mengumpulkan data mengenai RPP mata pelajaran PPKn untuk melengkapi data. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua sampel dengan uji T-Test, sedangkan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitiannya adalah terdapat perbedaan penguasaan kompetensi dasar siswa di kelas eksperimen pada kelas X MIPA 4 dengan penguasaan kompetensi dasar siswa pada kelas kontrol pada kelas X MIPA 3. Skor penguasaan kompetensi dasar siswa diperoleh dari rata-rata kelas eksperimen sebesar dan kelas kontrol sebesar . Hal ini dapat ditunjukan dari hasil perhitungan sebesar5,558. Kemudian dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,992 dan didapatkan >, yaitu 5,558>1,992. Ternyata >, maka ditolak dan diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari diterapkannya Penilaian Diagnostik terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar Mensintesiskan Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara menurut UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Kata Kunci : Penilaian Diagnostik, Penguasaan Kompetensi Dasa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2017 14:37
    Last Modified: 06 Dec 2017 14:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36686

    Actions (login required)

    View Item