PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN WONOSEGORO TAHUN AJARAN 2016/ 2017

MASYARIBU, AULIA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN WONOSEGORO TAHUN AJARAN 2016/ 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (105Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aulia Masyaribu. S031502006. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Wonosegoro Tahun Ajaran 2016/ 2017, Tesis. Surakarta: Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. 2017. Penelitian ini bertujuan (1) menemukan manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran PBL atau model pembelajaran kuantum, (2) menemukan manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD atau gaya kognitif FI, (3) menemukan manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada masing-masing model pembelajaran, peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD atau gaya kognitif FI, (4) menemukan manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada masing-masing kategori gaya kognitif, model pembelajaran PBL atau model pembelajaran kuantum. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berada di SD Negeri di kecamatan Wonosegoro kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling. Dilakukan tes untuk mengukur kemampuan menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB. Selain itu, ada tes terstandar untuk memilah gaya kognitif peserta didik. Uji validitas menggunakan penilaian expert judgment. Uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan rumus Bartlett. Adapun analisis data dengan teknik analisis variansi dua jalan (Anava) sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pascaanava dengan metode Scheffe. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) peserta didik yang mendapatkan pembelajaran PBL kemampuan menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB lebih baik dari peserta didik yang mendapatkan pembelajaran kuantum, (2) peserta didik yang memiliki gaya kognitif FI kemampuan menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB lebih baik dari peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD, (3) pada pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah, peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD prestasi belajar matematika sama baiknya dengan peserta didik yang memiliki gaya kognitif FI. Sedangkan pada pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum, peserta didik dengan gaya kognitif FI prestasi belajar matematika lebih baik daripada peserta didik dengan gaya kognitif FD, (4) pada kategori gaya kognitif FD, peserta didik dengan model pembelajaran PBL prestasi belajar matematika lebih baik daripada peserta didik dengan model pembelajaran kuantum. Sedangkan pada kategori gaya kognitif FI, peserta didik dengan model pembelajaran PBL prestasi belajar matematika sama baiknya dengan peserta didik dengan model pembelajaran kuantum. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Kuantum, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB, Gaya Kognitif. ABSTRACT Aulia Masyaribu. S031502006. Effect of Learning Model and Cognitive Style on Ability to Solve Problems Stories LCM and GCF of Fifth Grade Students Public Elementary School in Wonosegoro District on 2016/2017 Academic Year, Thesis. Surakarta: Postgraduate of Elementary School Teacher Education Sebelas Maret University. 2017. This research aims to (1) which gives know better mathematics learning achievement, students who take the learning with problem based learning model or quantum learning model, (2) which gives know better mathematics learning achievement, students who have field dependence cognitive style or field independence cognitive style, (3) which gives know better mathematics learning achievement on each model of learning, students who have field dependence cognitive style or field independence cognitive style, (4) which gives know better mathematics learning achievement in each category cognitive style, problem based learning or quantum learning. This research is quasi-experimental research and 2 x 2 factorial research design. The population in this research is all students in fifth grade which is in the public elementary schools in Wonosegoro district Boyolali regency on 2016/ 2017 academic year. Sample taken with the cluster sampling. The technique of collecting data test for measuring ability to solve problems stories KPK and FPB. Besides there standardized tests for sorting students cognitive style. Test validity is using expert judgment assessment. Test for normality is using the Liliefors method and homogeneity test using Bartlett formula. The analysis of the data by using a two way analysis of variance ( Anova ). The conclusion of this research were (1) there are differences in the ability to solve problems stories KPK and FPB between group of students who learn by problem based learning model and quantum learning model, (2) there are differences in the ability to solve problems stories KPK and FPB between group of students who have the field dependence cognitive style with a group of students who have the field independence cognitive style, (3) on learning with problem based learning model, students who have the field dependence cognitive style mathematics achievement as well as students who have the field independence cognitive style. While on learning with quantum learning model, students with field independence cognitive style better mathematics learning achievement than students with field dependence cognitive style, (4) in the category of field dependence cognitive style, students with problem based learning model mathematics learning achievement better than students with quantum learning model. While in the category of field independence cognitive style, students with problem based learning model mathematics learning achievement as well as students with quantum learning model. Keywords: Problem Based Learning Model, Quantum Learning Model, Ability to Solve Problems Stories LCM and GCF, Cognitive Style.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2017 14:30
    Last Modified: 06 Dec 2017 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36685

    Actions (login required)

    View Item