proses packing dan pemuatan barang kedalam container (stuffing) untuk menjaga kualitas barang pada PT Jati Agung Arsitama di Grogol Surakarta

INDIRA, AYU (2017) proses packing dan pemuatan barang kedalam container (stuffing) untuk menjaga kualitas barang pada PT Jati Agung Arsitama di Grogol Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (607Kb)

    Abstract

    PROSES PACKING DAN PEMUATAN BARANG KE DALAM CONTAINER (STUFFING) UNTUK MENJAGA KUALITAS BARANG PADA PT. JATI AGUNG ARSITAMA DI GROGOL SURAKARTA Ayu Indira F3114014 Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasikan komponen yang di butuhkan untuk proses packing dan stuffing, sehingga tidak terjadi kerusakan pada barang setelah sampai di negara tujuan ekspor serta untuk mendapatkan informasi mengenai tahapan - tahapan untuk proses packing dan stuffing furniture yang diterapkan oleh PT Jati Agung Arsitama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan data - data untuk dianalisa secara mendalam permasalahannya. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer dapat diperoleh melalui wawancara, dan dokumentasi langsung pada PT Jati Agung Arsitama, khususnya pada bagian packing, stuffing, dan staff atau karyawan. Data sekunder diperoleh dari sumber lain berupa buku yang berhubungan dengan packing dan stuffing. Dari hasil penulisan Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa tahapan proses packing PT Jati Agung Arsitama terdiri dari mendesain carton box, furniture dibungkus dengan kertas minyak, furniture dimasukan kedalam carton box, dipasang Styrofoam ke setiap sisi dan sudut barang, memasukan silica gel, tutup carton box, rekatkan menggunakan perekat, lalu pasang shipping mark. Sedangkan tahap-tahap stuffing PT Jati Agung Arsitama terdiri dari proses pemeriksaan container, pemasangan silica gel pada sudut container, proses pengangkutan barang kedepan container, proses cecklist, proses penataan barang kedalam container, fumigasi, proses penguncian container. Kesimpulan dalam penulisan tugas akhir ini adalah adanya proses packing dan stuffing yang benar agar barang tetap terjaga kualitasnya setelah sampai ditangan buyer untuk meningkatkan kualitas produk ekspor sesuai dengan standar internasional. Saran yang di peroleh dari hasil penulisan tugas akhir ini adalah untuk mencapai tujuan yang diharapkan, maka perlu adanya perubahan kebijakan dari perusahaan, yaitu perusahaan melakukan uji coba pada barang yang akan diekspor. Uji coba itu berapa ketahanan barang terhadap benturan maupun goncangan pada saat proses stuffing maupun proses ekspor agar barang yang telah sampai di tangan buyer tidak mengalami kerusakan. Kata Kunci: Stuffing, Packing, Kualitas Produk, Ekspor.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Dec 2017 13:50
    Last Modified: 06 Dec 2017 13:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36682

    Actions (login required)

    View Item