Pembelajaran Menulis Puisi (Studi Kasus Di Kelas X SMA Negeri 1 Gondang)

M. , BELLA ASOKA (2017) Pembelajaran Menulis Puisi (Studi Kasus Di Kelas X SMA Negeri 1 Gondang). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (636Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bella Asoka Mahardika. K1213012. PEMBELAJARAN MENULIS PUISI (STUDI KASUS DI KELAS X SMA NEGERI 1 GONDANG). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) perencanaan pembelajaran menulis puisi; (2) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi; (3) penilaian pembelajaran menulis puisi; (4) kendala yang dialami dalam pembelajaran menulis puisi; dan (5) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Penelitian ini memotret dan mengamati secara saksama pembelajaran menulis puisi dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil, kendala yang dijumpai, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPA 1 dengan dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, informan, dan analisis dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,dan analisis data. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang: (1) perencanaan pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang; (2) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang; (3) penilaian pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang; (4) kendala yang dialami dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang. Kendala guru meliputi (a) terbatasnya waktu, (b) suasana, dan (c) penilaian. Adapun kendala siswa meliputi (a) kurangnya waktu, (b) kesulitan mencari kata-kata, dan (c) kurang memperhatikan; (5) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala guru: (a) meringkas materi pelajaran, (b) menciptakan suasana yang kondusif, (c) memahami penilaian pada Kurikulum 2013. Adapun upaya yang dilakukan siswa untuk mengatasi kendala: (a) mengoptimalkan waktu, (b) memperbanyak membaca, dan (c) mendengarkan perintah guru. Kata Kunci: perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pembelajaran menulis puisi, kelas X

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Dec 2017 19:48
    Last Modified: 05 Dec 2017 19:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36678

    Actions (login required)

    View Item