Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Kota Gorontalo dan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

SETIAWAN, IMAM (2017) Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Kota Gorontalo dan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (481Kb)

    Abstract

    Imam Setiawan. K3313035. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS X DI KOTA GORONTALO DAN KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli. 2017. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan: (1) profil implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran kimia SMA Negeri kelas X di Kota Gorontalo dan Surakarta; (2) perbedaan implementasinya, serta (3) faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya perbedaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan evaluatif. Sampel pada penelitian ini adalah SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 3 Kota Gorontalo, serta SMA Negeri 1, SMA Negeri 5, dan SMA Negeri 7 Kota Surakarta. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan sampling bertujuan. Teknik pengumpulkan data yaitu wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Validasi data penelitian dilakukan dengan metode trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dan dikombinasikan dengan analisis komparatif kualitatif (QCA). Hasil penelitian menunjukkan (1) guru di Gorontalo telah membuat perencanaan pembelajaran dengan berbagai metode pembelajaran interaktif, melaksanakan pembelajaran dengan metode yang bervariasi sehingga siswa banyak yang berminat mengikuti pembelajaran dan interaksi siswa dengan komponen lain dalam pembelajaran telah nampak. Guru di Surakarta telah mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran kooperatif, melaksanakan pembelajaran dengan metode yang lebih bervariasi, sehingga minat siswa mengikuti pembelajaran tinggi dan interaksi siswa dengan komponen pembelajaran lain juga lebih tinggi. (2) Pembelajaran kimia berbasis Kurikulum 2013 di Surakarta lebih baik dibandingkan dengan Gorontalo, (3) hal ini dikarenakan adanya perbedaan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran, kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan/soal dari guru, dan interaksi siswa dengan komponen lain ketika pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 04 Dec 2017 21:33
    Last Modified: 04 Dec 2017 21:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36667

    Actions (login required)

    View Item