PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DISERTAI MUTILASI DAN PENJUALAN BAGIAN TUBUH KORBAN DALAM SISTEM HUKUM PIDANA INDONESIA (STUDI PUTUSAN HAKIM NOMOR 34/PID.B/2015/PT.PBR)

MEGASAKTI, HILARY S (2017) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DISERTAI MUTILASI DAN PENJUALAN BAGIAN TUBUH KORBAN DALAM SISTEM HUKUM PIDANA INDONESIA (STUDI PUTUSAN HAKIM NOMOR 34/PID.B/2015/PT.PBR). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2248Kb)

    Abstract

    Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hukum pidana terhadap tindak pidana pembunuhan mutilasi disertai penjualan bagian tubuh korban dalam Putusan Hakim Nomor 34/Pid.B/2015/PT.PBR. Penelitian hukum ini menggunakan metode penulisan hukum normatif. Penelitian hukum merupakan suatu proses untuk menemukan aturan hukum, prinsip-prinsip hukum maupun doktrin-doktrin hukum guna menjawab isu-isu hukum yang dihadapi dengan menggunakan data sekunder berupa bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Penulis membahas menggunakan pendekatan kasus (Case Approach) dan pendekatan undang-undang (Statute Approach). Pada penelitian hukum ini penulis mendapati bahwa penerapan hukum pidana terhadap tindak pidana pembunuhan mutilasi disertai penjualan bagian tubuh korban dalam sistem concurcus realis belum dapat terpenuhi dikarenakan terdapat unsur kejahata¬n yang tidak diperhatikan dengan baik dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum berupa tidak memperhatikan pasal 181 KUHP, unsur dimana jasad para korban dipotong dan dijual kepada pemilik kedai sebagai daging kambing untuk dikonsumsi. Sehingga penerapan pasal KUHP dalam tindak pidana yang dilakukan oleh terdakwa Muhammad Delfi menjadi kurang tepat karena tidak menerapkan Pasal 181 KUHP terhadap tindak pidana yang jelas telah dipenuhi unsur-unsurnya. Kata kunci : penegakan hukum, mutilasi, concurcus realis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 04 Dec 2017 21:20
    Last Modified: 04 Dec 2017 21:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36666

    Actions (login required)

    View Item