OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SNEDDS (SELF-NANOEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) EKSTRAK KLOROFORM RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L)

RIMA, FATHIMAH (2017) OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SNEDDS (SELF-NANOEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) EKSTRAK KLOROFORM RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (650Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (1014Kb)

      Abstract

      Rimpang kencur dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bumbu masakan dan mempunyai khasiat sebagai obat. Akan tetapi ekstrak kloroform rimpang kencur memiliki kelarutan yang rendah dan berakibat pada bioavailabilitas oral yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kelarutan ekstrak rimpang dengan dibuat dalam sediaan Self-Nanoemulsifying Drug Delivery System (SNEDDS). Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimental dilakukan dengan mengekstraksi rimpang kencur dengan metode maserasi menggunakan pelarut kloroform. Kemudian dilakukan penentuan komposisi minyak, surfaktan dan kosurfaktan untuk menentukan batas atas dan batas bawah komposisi surfaktan dan kosurfaktan. Kemudian dimasukan kedalam aplikasi Design Expert untuk mendapatkan desain percobaan. Semua sediaan dilakukan pengamatan terhadap nilai transmitannya dan waktu emulsifikasi dalam akuades dan AGF untuk memilih formula sediaan optimum. Setelah itu dilakukan penentuan drug loading formula optimum serta pengujian ukuran dan distribusi ukuran tetesan formula optimum. Hasil sediaan SNEDDS yang optimal memiliki komposisi minyak kemiri 0,714 gram, Tween 80 3,572 gram dan PEG 400 0,714 gram. Campuran tween 80, PEG 400, minyak kemiri dan ekstrak kloroform rimpang kencur (Kaempferia galanga L) dapat menghasilkan sediaan SNEDDS yang memenuhi kriteria sebagai sediaan nanoemulsi meliputi stabil, homogen, jernih, waktu emulsifikasi dalam akuades 16,33±3,21 detik dan dalam AGF selama 8,33±1,52 detik dan nilai transmittan sebesar 97,025±2,515% dengan ukuran droplet 20,8 nm, nilai PI 0,439 serta mampu membawa 175 mg Ekstrak Kloroform Rimpang Kencur setiap 5 gram sistem.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: Q Science > Q Science (General)
      Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
      Depositing User: Faricha Rizqi
      Date Deposited: 04 Dec 2017 19:14
      Last Modified: 04 Dec 2017 19:14
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36650

      Actions (login required)

      View Item