PENGARUH PENERAPAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IX SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

ASMARANI, DIAN AYU (2017) PENGARUH PENERAPAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IX SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (92Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dian Ayu Asmarani. K5113014. Pengaruh Penerapan Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Tunarungu Kelas IX SLB-B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 20016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa tunarungu kelas IX SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental dalam bentuk one group pretest-posttest design. Subjek penelitian, ini yaitu siswa tunarungu kelas IX SLB-B YRTRW Surakarta yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tesprestasi belajar berbentuk tes uraian bebas dengan cara tertulis berupa keterampilan menulis cerita pendek. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program komputer SPSS 23. Hasil analisis deskriptif data diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 74,4763 lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest sebesar 46,8712. Hasil analisis non parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2,527dengan Asymp.Sig (2-tailed) = 0,012 pada taraf signifikansi (α) 5%.Dengan demikian hipotesis yang berbunyi penerapan Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa tunarungu kelas IX SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2016/2017 diterima kebenarannya. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa penerapan Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa tunarungu kelas IX SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Pengaruh, model pembelajaran Think Talk Write (TTW), menulis cerita pendek, siswa tunarungu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 29 Nov 2017 23:12
    Last Modified: 29 Nov 2017 23:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36638

    Actions (login required)

    View Item