PSIKOEDUKASI UNTUK MENURUNKAN EKSPRESI EMOSI, MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP DAN FUNGSI PERAN FAMILY CAREGIVER PASIEN DEMENSIA

BABOE, ETTY CHRISTINA (2017) PSIKOEDUKASI UNTUK MENURUNKAN EKSPRESI EMOSI, MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP DAN FUNGSI PERAN FAMILY CAREGIVER PASIEN DEMENSIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (162Kb)

    Abstract

    Etty Christina Baboe. S571402002. "Psikoedukasi Untuk Menurunkan Ekspresi Emosi, Meningkatkan Kualitas Hidup dan Fungsi Peran Family Caregiver Pasien Demensia: Sebuah Studi Operational Research". TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Aris Sudiyanto, dr., SpKJ (K). Pembimbing II : Debree Septiawan, dr., SpKJ, M.Kes. Pembimbing III : Maria Rini I, dr., SpKJ, M.Kes. Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Latar Belakang : Memberikan perawatan pada pasien demensia sangat mengakibatkan stres sehingga mempengaruhi ekspresi emosi, kualitas hidup dan fungsi peran dari family caregiver. Kondisi ini membutuhkan metode intervensi yang efektif untuk menanganinya. Tujuan : Memahami lebih mendalam mengenai beban family caregiver, menghasilkan modul psikoedukasi sebagai intervensi untuk menurunkan ekspresi emosi, meningkatkan kualitas hidup dan fungsi peran family caregiver pasien demensia serta menilai keefektifan modul psikoedukasi. Metode : Studi ini merupakan operational research dengan pendekatan kualitatif berbentuk studi kasus yang dilakukan pada tiga family caregiver pasien demensia di RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta. Studi ini telah mendapatkan persetujuan dari komite etik Rumah Sakit. Hasil : Kurangnya pengetahuan mengenai demensia memengaruhi perawatan yang diberikan family caregiver. Pemberian intervensi psikoedukasi efektif untuk menurunkan ekspresi emosi, meningkatkan kualitas hidup dan fungsi peran pada ketiga subjek. Simpulan : Psikoedukasi dapat menurunkan ekspresi emosi, meningkatkan kualitas hidup dan fungsi peran family caregiver pasien demensia. Kata Kunci : psikoedukasi, ekspresi emosi, kualitas hidup, fungsi peran, family caregiver, demensia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 27 Nov 2017 21:37
    Last Modified: 27 Nov 2017 21:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36632

    Actions (login required)

    View Item