Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Penjualan Paket Meeting Aziza Islamic Hotel Solo

WINDA S, DYAH AYU (2017) Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Penjualan Paket Meeting Aziza Islamic Hotel Solo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (647Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dyah Ayu Winda Sari, C9414022, 2017. “Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Penjualan Paket Meeting Aziza Islamic Hotel Solo”, Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Perkembangan industri MICE di Kota Solo diikuti oleh pertumbuhan perhotelan yang berkembang pesat. Pertumbuhan jumlah hotel ini berdampak pada terjadinya perang tarif antar hotel di Solo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk dapat bersaing dalam penjualan paket meeting Aziza Islamic Hotel Solo, dengan penerapan penyelenggaraan hotel dan marketing syariah di Aziza Islamic Hotel Solo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi praktek kerja lapangan selama tiga bulan padasales and marketing departement Aziza Islamic Hotel Solo. Wawancara dengan assistant sales manager, sales executive, admin sales sales marketing departement dan tamu kegiatan meeting.Data lain melalui buku-buku perpustakaan, data perusahaan, company profile dan brosur hotel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi marketing syariah sebagai strategi yang diterapkan dalam penjualan paket meeting di Aziza Islamic Hotel. Strategi marketing syariah diterapkan mulai dari pembuatan produk sampai dengan penjualan produk. Penerapan tersebut antara lain penggunaan hijab untuk sales wanita, penggunaan salam assalamu’alaikum, tidak menerima mark up yang menguntungkan satu pihak, menjamin kehalalan produk dan tidak berbohong dengan tujuan tamu tertari. Intensitas penggunaan paket meeting Aziza Islamic Hotel hampir seluruh segmen target pernah menggunakan Hotel Aziza dalam kegiatan meeting. Kendala yang dihadapi dalam penjualan paket meeting adalah kapasitas ballroom yang kurang memadai, kapasitas parkir yang kurang memuat banyak mobil, hotel yang berada di jalur macet dan perang tarif khususnya persaingan harga paket meeting antar hotel di Solo. Kata kunci : Strategi, marketing syariah, paket meeting, Aziza Islamic Hotel Solo

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 27 Nov 2017 21:26
    Last Modified: 27 Nov 2017 21:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36630

    Actions (login required)

    View Item