Pola Komunikasi Gay Pelaku One Night Stand Mahasiswa di Kota Surakarta ( Studi Kasus Pola Komunikasi Gay Pelaku One Night Stand Kalangan Mahasiswa di Kota Surakarta)

Prayitno, Susila Hadi (2017) Pola Komunikasi Gay Pelaku One Night Stand Mahasiswa di Kota Surakarta ( Studi Kasus Pola Komunikasi Gay Pelaku One Night Stand Kalangan Mahasiswa di Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (43Kb)

    Abstract

    ABSTRAK SUSILA HADI PRAYITNO, D0213091. POLA KOMUNIKASI GAY PELAKU ONE NIGHT STAND MAHASISWA DI KOTA SURAKARTA (Studi Kasus Pola Komunikasi Gay Pelaku One Night Stand Kalangan Mahasiswa di Kota Surakarta). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta 2017. Di Indonesia, fenomena tentang homoseksual sebenarnya bukanlah masalah baru. Secara kultural fenomena ini ada dalam catatan sejarah kebudayaan di Indonesia. Tidak hanya di kalangan dewasa tetapi fenomena tumbuh subur di kalangan mahasiswa. Dalam penelitian ini peneliti lebih menekankan pengungkapan diri dengan pola komunikasi antarpribadi yang dilakukan dalam bentuk bagaimana proses terjadinya pengungkapan komunikasi diri yang dilakukan individu kepada individu yang lain. Dalam artian pengungkapan komunikasi antarpribadi bertujuan untuk mencari teman kencan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi gay yang melakukan one night stand dari sebelum bertemu, berkomunikasi melalui media, hingga bertemu dan pada akhirnya melakukan one night stand. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penilitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling, dan ada 5 informan yang terlibat dalam penelitian. Penulis menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi dalam pengumpulan data penelitian ini. Teknik analisa data dilakukan melalui proses interaktif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pola komunikasi gay pelaku one night stand adalah menggunakan komunikasi antarpribadi, secara verbal ataupun non verbal. Mereka seimbang dalam melakukan komunikasi secara verbal atau non verbal. Mereka menggunakan komunikasi verbal ketika bertemu di awal kencan meliputi bahasa dan kata-kata, sebagai berikut Top, Bot, Vers, Vers-Top, Vers-Bot, ML, Oral, Bareback, 3some, Wanna fun, Rimming, ONS. Komunikasi non verbal mereka gunakan ketika di dalam kamar akan melakukan seks meliputi sentuhan yang lembut, ciuman yang mendalam, disertai dengan gerakan lidah, mencium disertai dengan gigitan lembut, saling meraba, gerakan dan posisi yang erotis. Komunikasi di antara mereka juga berlangsung menggunakan media komunikasi atau disebut komunikasi mekanistis sekunder, seperti penggunaan ponsel dan aplikasi khusus temu kencan gay yang bernama Hornet dalam menemukan teman kencannya. Dalam berkomunikasi, gay pelaku one night stand juga menggunakan kode dan simbol tertentu yang hanya dipahami oleh kalangan gay sendiri dalam menyamarkan kegiatan dan interaksi ketika melakukan one night stand. Kata kunci : Aplikasi Hornet, Gay, One Night Stand, Pola Komunikasi, Verbal dan Non Verbal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 13:06
    Last Modified: 27 Nov 2017 13:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36617

    Actions (login required)

    View Item