MEDIA MASSA & BUDAYA POP (Studi Penerimaan Pesan Khalayak Terhadap Rubrik Busana Pada Tabloid NOVA Edisi September-Desember 2016 di Kalangan Pembaca NOVA di Surakarta)

MIZA, RIZKI AMALIA (2017) MEDIA MASSA & BUDAYA POP (Studi Penerimaan Pesan Khalayak Terhadap Rubrik Busana Pada Tabloid NOVA Edisi September-Desember 2016 di Kalangan Pembaca NOVA di Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (439Kb)

    Abstract

    ABSTRAK RIZKI AMALIA MIZA, D1215047, MEDIA MASSA DAN BUDAYA POP (Studi Penerimaan Pesan Khalayak Terhadap Rubrik Busana Pada Tabloid NOVA Edisi September-Desember 2016 di Kalangan Pembaca NOVA di Surakarta) Beberapa media cetak terpaksa tutup karena ketatnya persaingan di era media digital. Sehingga perlu untuk mengetahui bagaimana media cetak menyajikan konten kepada pembacanya. Tabloid NOVA adalah salah satu media cetak yang masih bertahan hingga tahun ke-duapuluhsembilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi dari rubrik Busana dan bagaimana pesan di dalamnya diterima oleh khalayak pembaca di wilayah Kota Surakarta. Pada teori penerimaan pesan khalayak oleh Stuart Hall, khalayak dianggap aktif menciptakan makna atas apa yang dikonsumsinya di media sesuai dengan konteks sosial budaya di lingkungannya. Sehingga menempatkan khalayak dalam posisi dominant-hegemonic position, negotiated position, dan opposition. Makna dan interpretasi mereka akan terbangun seiring dengan pembacaan rubrik secara terus-menerus. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi pada level teks dan hasilnya dikonfirmasi melalui wawancara mendalam terhadap enam informan yang berasal dari beragam profesi. Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa para informan menerima dan menginterpretasikan pesan secara beragam. Informan pada posisi dominant-hegemonic menyetujui secara penuh dan mengapresiasi konten yang dimuat dalam rubrik Busana. Pada negotiated position informan mempertimbangkan nilai keagamaan dan kesopanan dalam penerapan busana pada rubrik. Sedangkan pada opposition position informan cenderung tidak menerima apa yang disajikan oleh rubrik dan memiliki harapan tersendiri agar rubrik memuat busana yang menurut mereka lebih modern. Kata kunci: analisis resepsi, penerimaan pesan, khalayak, media massa, tabloid

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 12:40
    Last Modified: 27 Nov 2017 12:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36609

    Actions (login required)

    View Item