PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE

WAHYUDI, PANJI (2017) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1185Kb)

    Abstract

    Panji Wahyudi. PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap hasil belajar ketrampilan lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) Pengaruh yang lebih baik antara metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap hasil belajar ketrampilan lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 64 siswa, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dengan mengambil 32 sample. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data keterampilan lompat tinggi gaya straddle. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan pengukuran lompat tinggi gaya straddle dari Andi Suhendro. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kelompok dengan perlakuan metode pembelajaran massed practice atau kelompok 1, mengalami peningkatan rata-rata 8,75 atau 9,56% dari hasil tes awal 91,56 menjadi 100,31; (2) Kelompok dengan perlakuan metode pembelajaran distributed practice atau kelompok 2, mengalami peningkatan rata-rata 3,44 atau 3,77% dari hasil tes awal 91,25 menjadi 94,69. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap hasil belajar ketrampilan lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) Metode massed practice lebih baik pengaruhnya daripada metode distributed practice terhadap hasil belajar keterampilan lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: lompat tinggi gaya straddle, metode pembelajaran massed practice, metode pembelajaran distributed practice.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 12:05
    Last Modified: 27 Nov 2017 12:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36597

    Actions (login required)

    View Item