MITOS DAN KOMUNIKASI (Studi Tentang Mitos Pernikahan dan Proses Penyampaian Pesan Pada Masyarakat Desa Matesih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar)

Mahardikawati, Nindya (2017) MITOS DAN KOMUNIKASI (Studi Tentang Mitos Pernikahan dan Proses Penyampaian Pesan Pada Masyarakat Desa Matesih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (683Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nindya Mahardikawati, D0213066, MITOS DAN KOMUNIKASI (Studi Tentang Mitos Pernikahan dan Proses Penyampaian Pesan Pada Masyarakat Desa Matesih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar). Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk: (1) mengetahui macam-macam mitos pernikahan yang ada di kalangan warga masyarakat Desa Matesih Kabupaten Karanganyar. (2) mendeskripsikan proses komunikasi penyampaian pesan dalam mitos pernikahan di kalangan warga masyarakat Desa Matesih Kabupaten Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan wawancara mendalam terhadap 14 informan dari berbagai kalangan yakni budayawan, pemerintah daerah, dan masyarakat. Hasil dalam penelitian, yaitu (1) mitos pernikahan yang ada di Desa Matesih ini adalah mitos pernikahan yaitu langkah wuwung satu, nyebrang kali samin, melewati gunung malang atau ratan buntu, barat jalan dengan timur jalan. (2) Proses komunikasi penyampaian pesan dalam mitos pernikahan di kalangan warga masyarakat Desa Matesih Kabupaten Karanganyar: (a) Komunikator sebagai orang yang menyampaikan pesan mitos pernikahan adalah para budayawan dan orang-orang yang dituakan di desa Matesih. (b) Isi pesan mitos pernikahan berupa informasi dan nasehat kepada anak cucunya. (c) Bahasa sebagai media dalam penyampaian pesan mitos pernikahan yaitu menggunakan media primer berupa bahasa dalam komunikasi verbal. (d) Komunikasi sebagai penerima pesan mitos pernikahan adalah orang dewasa dan remaja. (e) Efek dari penyampaian pesan mitos pernikahan ada yang mempercayai dan melakukan mitos tersebut dan ada yang menolak, sehingga melanggar mitos pernikahan. Kata Kunci: Mitos Pernikahan, Pesan, Proses Komunikasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 11:57
    Last Modified: 27 Nov 2017 11:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36594

    Actions (login required)

    View Item