PENERAPN MODEL PEMBEAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTU MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 DONOHUDAN NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

I, MUHAMMAD FAHREIZZA (2017) PENERAPN MODEL PEMBEAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTU MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 DONOHUDAN NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (936Kb)

    Abstract

    Absract: The purpose of this research is to improve the understanding of simple aircfraft concept by applying Advance Organizer model. The type of this research is classroom action research held in two cycles. Each cyles consisted of four phase, there are planning, action implementation, observation and reflection. The subject of this research are classroom teacher and the fifth grade students of SD Negeri 03 Donohudan Boyolali which consist of 33 students Data of this research is collected by using interview, observation, documentation and test. The data validity of this research used triangulation of resources and triangulation of technique. The technique to analyze data is analysis interactive model (Miles & Huberman), it consist of three component, that are data reduction, display data and drawing conclution (verification).The results of the research is the implementation of Advance Organizer model can improve the understanding of simple aircraft concept. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pesawat sederhana melalui penerapan model Advance Organizer. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 03 Donohudan Kabupaten Boyolali yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Advance Organizer dapat meningkatkan pemahaman konsep pesawat sederhana. Kata Kunci: advance organizer, pemahaman konsep, pesawat sederhana

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 11:42
    Last Modified: 27 Nov 2017 11:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36589

    Actions (login required)

    View Item