STRATEGI PEMASARAN KRIPIK LELE DI UMKM ALANG – ALANG TUMBUH SUBUR DESA RANDUSARI KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI

ARAFAT, M IQBAL (2017) STRATEGI PEMASARAN KRIPIK LELE DI UMKM ALANG – ALANG TUMBUH SUBUR DESA RANDUSARI KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (243Kb)

    Abstract

    ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dalam pemasaran keripik lele di UMKM Alang – Alang Tumbuh Subur, merumuskan alternative strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran keripik lele di UMKM Alang – Alang Tumbuh Subur dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran keripik lele di UMKM Alang – Alang Tumbuh Subur. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Metode analisis data menggunakan analisis Deskriptif, matriks Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT), dan matriks Quantitative Strategic Planning (QSP). Hasil penelitian menunjukan bahwa alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran keripik lele di UMKM Alang – Alang Tumbuh Subur yaitu: mempertahankan kulitas dan menambah varian rasa produk untuk menjaga kepercayaan konsumen, melakukan perancangan promosi dan periklanan dengan membuat website untuk memperluas segmen pasar, menjalin kerjasama membuat jaringan dengan pengusaha lain atau mitra bisnis yang potensial dan penanaman modal swasta untuk menembus pasar ekspor, menambah perluasan pasar ke daerah lokasi wisata dan rumah makan. Prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran keripik lele di UMKM Alang – Alang Tumbuh Subur adalah menjalin kerjasama membuat jaringan dengan pengusaha lain atau mitra bisnis yang potensial dan penanaman modal swasta untuk menembus pasar ekspor. Kata Kunci : Keripik Lele, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT ABSTRACT : This research aims to identify the internal and external factors becoming strengths, weaknesses, opportunities and also threats in catfish chips marketing in SMEs Alang – Alang Tumbuh Subur, formulating alternative strategies which can be applied in marketing of catfish chips in SMEs Alang–Alang Tumbuh Subur and determine the strategiey priority which can be applied in catfish chips marketing in SMEs Alang–Alang Tumbuh Subur . The basic method used for this research is the analytical descriptive method. Data analysis methods using descriptive analysisis, matrix Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT), and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSP). The results showed that the alternative strategies which can be applied in catfish chips marketing in SMEs Alang–Alang Tumbuh Subur : improve the quality of the product and add flavors to maintain consumer confidence, do the designing promotions and advertising to create a website to expand market segments, cooperation network with other entrepreneurs or potential business partners and private investments to penetrate export markets, expanding their market area to tourist sites and restaurants. The priority of strategies which can be applied in marketing catfish chips in SMEs Alang – Alang Tumbuh Subur are to cooperation network with other entrepreneurs or potential business partners and private investments to penetrate the exportmarket. Keywords : Catfish Chips, Marketing Strategy, SWOT Analysis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 11:26
    Last Modified: 27 Nov 2017 11:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36584

    Actions (login required)

    View Item