PENGARUH PEMANASAN BAHAN BAKAR DI DALAM PIPA BERSIRIP RADIAL MELALUI UPPER TANK RADIATOR DAN PENAMBAHAN ETANOL PADA BAHAN BAKAR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MOBIL SUZUKI APV

Andriyani, Linda Fitri (2017) PENGARUH PEMANASAN BAHAN BAKAR DI DALAM PIPA BERSIRIP RADIAL MELALUI UPPER TANK RADIATOR DAN PENAMBAHAN ETANOL PADA BAHAN BAKAR TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR MOBIL SUZUKI APV. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (829Kb)

    Abstract

    Abstract - The purpose of this research to investigate (1) the effect of heating fuel pertalite in radial finned pipes through in upper tank of radiator; (2) the effect addition of ethanol in fuel pertalite; and (3) the effect of heating fuel pertalie in upper tank of radiator and variations addition of ethanol in fuel pertalite against fuel consumption of injection car Suzuki APV. Research done in Laboratory of Automotive mechanical engineering education of Sebelas Maret University. This research uses experimental methods. Samples taken in purposive sampling, the sample used is Injection car Suzuki APV type GL of injection car population. The data analysis techniques is comparative descriptive. Variation of pipe use are without a pipes, the pipe without fins, fin pipe radial distance of 30 mm, 20 mm, 10 mm. and the addition variations of ethanol use are 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25% and 30%.The results of this research are (1) the heating fuel pertalite in radial finned pipes through the upper tank of radiator of injection car Suzuki APV increases fuel consumption. (2) the addition of 0% up to 20% ethanol on fuel pertalite cause decreased of fuel consumption. Fuel consumption will increase at the rate of mixing ethanol with 25% and 30%. (3) the heating fuel pertalite in radial finned pipes through the upper tank of radiator of injection car Suzuki APV increases fuel consumption. Lowest fuel consumption occurs on the application of standard radiator (without pipes) with ethanol levels of 20% of 51.67 ml/min, experiencing a decrease in fuel consumption 10 ml or 16.21% of the standard conditions and fuel temperature of 35.67 °C. Keyword - fuel warming, the radial finned pipes, ethanol, injection machine, fuel consumption Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki (1) Pengaruh pemanasan bahan bakar pertalite di dalam pipa bersirip radial melalui upper tank radiator; (2) Pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar pertalite; dan (3) pengaruh pemanasan bahan bakar pertalite di dalam upper tank radiator dan variasi penambahan etanol pada bahan bakar pertalite terhadap konsumsi bahan bakar pada mobil Injeksi Suzuki APV. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel diambil secara purposive sampling, sampel yang digunakan adalah mobil Injeksi Suzuki APV type GL dari populasi mobil Injeksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Variasi pipa yang digunakan yaitu tanpa pipa, tanpa sirip, pipa sirip radial jarak 30 mm, 20 mm, 10 mm. Variasi penambahan etanol yang digunakan yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30%. Hasil penelitian ini adalah (1) Pemanasan bahan bakar pertalite di dalam pipa bersirip radial melalui upper tank radiator pada mobil injeksi Suzuki APV meningkatkan konsumsi bahan bakar. (2) Penambahan etanol pada bahan bakar pertalite dengan kadar 0% sampai dengan 20% menyebabkan konsumsi bahan bakar menurun. Konsumsi bahan bakar akan meningkat kembali pada penambahan etanol dengan kadar 25% dan 30%. (3) Pemanasan bahan bakar pertalite di dalam pipa bersirip radial melalui upper tank radiator pada mobil injeksi Suzuki APV meningkatkan konsumsi bahan bakar. Penambahan etanol pada bahan bakar pertalite dengan kadar 0% sampai dengan 20% menyebabkan konsumsi bahan bakar menurun, meningkat kembali pada penambahan etanol dengan kadar 25% dan 30%. Konsumsi bahan bakar terendah diperoleh pada penerapan radiator standar tanpa pemanasan dengan campuran etanol 20% sebesar 51,67 ml/menit, mengalami penurunan konsumsi bahan bakar 10 ml atau 16.21% dari kondisi standar dan suhu bahan bakar sebesar 35.67°C. Kata Kunci - pemanasan bahan bakar, pipa bersirip radial, etanol, mesin injeksi, konsumsi bahan bakar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 11:17
    Last Modified: 27 Nov 2017 11:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36581

    Actions (login required)

    View Item