Perancangan Ulang Corporate Identity Sunday Tropical Melalui Media Komunikasi Visual

ANUGRAH, GUNTUR (2017) Perancangan Ulang Corporate Identity Sunday Tropical Melalui Media Komunikasi Visual. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (882Kb)

    Abstract

    Guntur Anugrah, 2017. Konsep Tugas Akhir ini berjudul “Perancangan Ulang Corporate Identity Sunday Tropical Melalui Desain Komunikasi Visual”. Seiring perkembangan jaman bisnis kuliner menuntut pelayanan yang cepat serta praktis dan muncul ide-ide kreatif untuk menciptakan pengalaman baru dalam hal kuliner. Sunday Tropical merupakan bisnis di bidang kuliner yang didirikan pada akhir tahun 2013. Sunday Tropical menyajikan produk minuman mocktail yang biasanya hanya ditemui di kafe dan bar. Sebagai perusahaan pertama yang memiliki ide menjajakan mocktail menjadi menu jajanan street food, Sunday Tropical memiliki identitas perusahaan yang belum sesuai dengan ciri khas produk yang ditawarkan. Mocktail sendiri merupakan minuman yang identik dengan nuansa pantai dan iklim tropis, akan tetapi logo yang dipakai saat ini menggunakan font yang kaku sehingga penanaman citra kepada konsumen terhadap konsep minuman tropis yang dijadikan tema dari Sunday Tropical tidak sesuai. Berawal dari permasalahan tersebut, oleh karena itu diperlukan kontribusi Desain Komunikasi Visual yang tepat dan efektif agar Sunday Tropical lebih dikenal oleh masyatakat sebagai perusahaan yang menawarkan produk dengan tema minuman tropis. Supaya dengan dilakukannya perancangan ulang corporate identity, hasilnya dapat digunakan untuk lebih memperkenalkan Sunday Tropical kepada masyarakat sebagai perusahaan yang menawarkan produk mocktail yang berbeda dengan produk minuman lainnya. Perancangan ulang corporate identity Sunday Tropical ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dideskripsikan secara rinci dan mendalam baik kondisi maupun proses. Desain sebagai output atau hasil dalam strategi perancangan desain komunikasi visual ini mengggunakan tiga strategi perancangan yaitu: strategi kreatif, strategi visual dan media. Sehingga memunculkan brand image kepada masyarakat bahwa Sunday Tropical merupakan produk yang diracik oleh bartender profesional, memiliki cita rasa yang setara dengan yang disajikan di dalam kafe dan bar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 10:49
    Last Modified: 27 Nov 2017 10:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36572

    Actions (login required)

    View Item