MEDIA MASSA DALAM KAMPANYE WALIKOTA SOLO 2015 (Analisis Isi Kuantitatif Kandidat Walikota Solo dalam Berita Pemilihan Walikota Solo dalam Surat Kabar Solopos dan Surat Kabar Radar Solo Periode 26 Oktober – 9 Desember 2015)

JUWITA, DITA PRIMA (2017) MEDIA MASSA DALAM KAMPANYE WALIKOTA SOLO 2015 (Analisis Isi Kuantitatif Kandidat Walikota Solo dalam Berita Pemilihan Walikota Solo dalam Surat Kabar Solopos dan Surat Kabar Radar Solo Periode 26 Oktober – 9 Desember 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (834Kb)

    Abstract

    DITA PRIMA JUWITA, D0211031, MEDIA MASSA DALAM KAMPANYE PEMILIHAN UMUM WALIKOTA SOLO 2015 (Analisis Isi Kuantitatif Tentang Kandidat Walikota Solo dalam Berita Kampanye Pemilihan Walikota Solo dalam Surat Kabar Solopos dan Surat Kabar Radar Solo Periode 26 Oktober 2015 – 9 Desember 2015), Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta Surat kabar merupakan salah satu media massa yang masih dipercaya khalayak sebagai salah satu sumber informasi sudah seharusnya media massa mampu menyajikan informasi yang objektif. Tetapi setiap media massa memiliki kebijakan redaksional masing-masing dalam menentukan penyajian berita untuk khalayak. Ini membuat setiap media massa memiliki karakter yang berbeda-beda dalam menyajikan berita, tergantung pada ideologi dan kebijakan masing-masing. Penelitian ini ingin melihat bagaimana kecenderungan surat kabar Solopos dan Radar Solo dalam menyajikan berita terkait pilkada Kota Solo periode 26 Oktober – 9 Desember 2015 berdasarkan frekuensi, ragam topik, subjek berita, sumber berita, bentuk penulisan, dan penempatan halaman. Penelitian diskriptif kuantitatif dengan teknik penelitian analisis isi ini menggunakan seluruh berita sesuai kriteria yang diteliti, dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini dari kategori frekuensi hampir sama antara kedua surat kabar, Solopos dengan 73 berita dan Radar Solo dengan 76 berita. Kategori ragam topik, X²(13.7<15.507) ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua surat kabar. kategorisubjek berita X²(7.49<7.815) ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua surat kabar. tetapi bila subjek berita mengerucut kepada kedua kandidat saja, maka X²(4.13>3.814) ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua surat kabar. Kategori sumber berita X²(7.42<14.067) ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua surat kabar. Kategori bentuk penulisan X²(0.23<3.841) ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua surat kabar. Kategori penempatan halaman X²(12.88>5.991) ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua surat kabar. Hasil penelitian ini menunjukkan meskipun banyak persamaan antara kedua surat kabar tetapi juga terdapat perbedaan yaitu dalam memilih kandidat sebagai subjek pemberitaan dan dalam penempatan halaman. Ini menunjukkan kedua surat kabar masih mengutamakan kebutuhan masyarakat dalam menyajikan berita. Kata Kunci: Analisis isi, Kecenderungan Media, Pemilihan Walikota Solo

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 10:25
    Last Modified: 27 Nov 2017 10:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36564

    Actions (login required)

    View Item