STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR BENTUK ALAM BENDA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII A SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 BATURETNO TAHUN AJARAN 2016/2017

MARGADINATA, BRIAM (2017) STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR BENTUK ALAM BENDA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII A SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 BATURETNO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (276Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Briam Margadinata. K3212013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Stad (Students Teams Achievement Divisions) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Menggambar Bentuk Alam Benda Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII A Semester Ganjil SMP Negeri 2 Baturetno Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran menggambar bentuk alam benda dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Divisions). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Baturetno tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data didapat dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Uji validitas data dengan triangulasi data dan sumber data serta review key informan. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian ini dengan menerapkan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran menggambar bentuk alam benda, hasil belajar siswa yang dimaksud meliputi hasil belajar afektif, kognitif, psikomotor dan kreativitas. Berdasarkan data yang diperoleh nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa pada pratindakan adalah 77,36 pada aspek kognitif,78,20 pada aspek psikomotor, ketuntasan 70% pada aspek afektif, dan ketuntasan 50% pada aspek kreativitas, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 83,30 aspek kognitif, 83,66 di aspek psikomotor, ketuntasan 93,33% pada aspek afektif, dan keuntasan 70% aspek kreativitas, serta meningkat lagi menjadi 88,53 aspek kognitif, 84,16 aspek psikomotor, ketuntasan 100% pada aspek afektif, dan 100% aspek kreativitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran menggambar bentuk alam benda siswa kelas VIII ASMP Negeri 2 Baturetno tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Peningkatan, Metode Kooperatif Tipe STAD, Kreativitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 09:51
    Last Modified: 27 Nov 2017 09:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36553

    Actions (login required)

    View Item