PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN KOMUNIKASI TOTAL BAGI ORANGTUA PESERTA DIDIK TUNARUNGU

ARTIKA, BASTEN YUNI (2017) PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN KOMUNIKASI TOTAL BAGI ORANGTUA PESERTA DIDIK TUNARUNGU. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (279Kb)

    Abstract

    Basten Yuni Artika. 2017. Pengembangan Model Pelatihan Komunikasi Total Bagi Orangtua Peserta Didik Tunarungu. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Akhyar., M.Pd. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Drs. Gunarhadi., MA.,Ph.D. Program Studi S3 Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah : (1) menemukan perbedaan sistem komunikasi di sekolah dan penerapan komunikasi orangtua dengan anak tunarungu di rumah, (2) mengetahui tingkat kebutuhan orangtua peserta didik tunarungu terhadap materi pelatihan komunikasi total, (3) menemukan model pelatihan komunikasi total yang sesuai dengan kebutuhan orangtua peserta didik tunarungu, (4) menemukan model pelatihan komunikasi total yang bermakna untuk orangtua peserta didik tunarungu. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan sebagai berikut : (1) eksplorasi yaitu tahap studi pustaka dan studi pendahuluan terhadap penggunaan sistem komunikasi yang digunakan di sekolah dan di rumah, (2) pengembangan draf model pelatihan komunikasi total bagi orangtua peserta didik tunarungu, dan (3) pengujian model terhadap orangtua peserta didik tunarungu. Partisipan dalam penelitian ini adalah orangtua peserta didik tunarungu di SLB Negeri Grobogan dan SLB PGRI Purwodadi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan tes tertulis serta praktek. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan uji t dan rata-rata nilai. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa tidak ada kesesuaian antara sistem komunikasi yang digunakan di sekolah yaitu menggunakan komunikasi total, sedangkan di rumah menggunakan bahasa alamiah yang tidak baku saat berkomunikasi dengan anak tunarungu. Tingkat kebutuhan orangtua peserta didik tunarungu yang tinggi terhadap pelatihan komunikasi total. Model final pelatihan komunikasi total ini dirumuskan berdasarkan kebutuhan orangtua terhadap materi tentang tunarungu dan sistem komunikasi total dengan dominasi praktek. Model pelatihan komunikasi total bagi orangtua peserta didik tunarungu yang telah dikembangkan, telah mendapat validasi ahli dengan predikat baik. Dilengkapi dengan buku panduan model pelatihan untuk pegangan guru sebagai fasilitator, dan buku materi untuk orangtua peserta didik tunarungu. Berdasarkan hasil uji coba terhadap produk maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pelatihan komunikasi total bagi orangtua peserta didik tunarungu bermakna dalam meningkatkan kemampuan orangtua dalam komunikasi total. Kata Kunci : Model Pelatihan, Komunikasi Total, Orangtua, Tunarungu.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 09:45
    Last Modified: 27 Nov 2017 09:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36551

    Actions (login required)

    View Item