PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CRITA CEKAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X IPS 4 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Fauziyyah, Ari Fitri (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CRITA CEKAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X IPS 4 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (965Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ari Fitri Fauziyyah. K4213015. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CRITA CEKAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X IPS 4 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan keterampilan menulis crita cekak melalui metode pembelajaran examples non-examples dan media gambar berseri pada siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, dokumen, dan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, analisis dokumen, wawancara, dan pemberian tugas/tes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan analisis kritis. Dari penelitian tersebut diketahui pada tahap siklus I keaktifan siswa yaitu 65.52%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 93.10%. Sedangkan pada perolehan keterampilan menulis crita cekak pada pratindakan diketahui siswa yang tuntas sebanyak 27.58% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 72.42%. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 62.06% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 37.94%. Selanjutnya, pada siklus II siswa yang tuntas menjadi sebanyak 89.65% dan hanya 10.32% yang belum tuntas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran examples non-examples dan media gambar berseri dapat meningkatkan keaktifan siswa dan keterampilan menulis crita cekak pada siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Kata Kunci: keterampilan menulis crita cekak, metode pembelajaran examples non-examples, media gambar berseri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 27 Nov 2017 09:28
    Last Modified: 27 Nov 2017 09:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36545

    Actions (login required)

    View Item