Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus di Satitpathomvai School Pratuchai Thailand, TKIU Al Khoir Surakarta Indonesia, dan TK Kreatif Primagama Surakarta Indonesia)

M, AFIFAH NUR (2017) Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus di Satitpathomvai School Pratuchai Thailand, TKIU Al Khoir Surakarta Indonesia, dan TK Kreatif Primagama Surakarta Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (883Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan program pengembangan kreativitas di Satitpathomvai School Pratuchai, TKIU Al Khoir Surakarta, dan TK Kreatif Primagama Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara deskriptif yang didasarkan pada model analisis interaktif Miles dan Huberman. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik, member checking, serta teknik audit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengembangan kreativitas dalam hal menggambar di Satitpathomvai School Pratuchai menunjukkan pelaksanaan kegiatan menggambar dengan intensitas pelaksanaan harian sebagai kegiatan intrakurikuler, kegiatan berupa kegiatan menggambar bebas menggunakan media yang bervariasi karena menggunakan bahan umpan kreativitas dari lingkungan sekitar anak seperti daun, ranting, bunga, dan lain-lain dengan kertas HVS dan krayon. TKIU Al Khoir Surakarta dan TK Kreatif Primagama Surakarta menunjukkan pelaksanaan kegiatan menggambar dengan intensitas pelaksanaan mingguan sebagai kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, kegiatan berupa kegiatan menggambar berdasarkan contoh menggunakan media yang sama pada setiap kegiatannya yaitu buku gambar, krayon, dan lembar kerja anak tanapa ada umpan kreativitas. Kata kunci: kreativitas, menggambar, dan anak usia dini

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 26 Nov 2017 23:18
    Last Modified: 26 Nov 2017 23:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36536

    Actions (login required)

    View Item