Evaluasi Perkerasan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI), Pemeliharaan, dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Bener (Sragen Ngawi – Wonocolo) STA 0+000 -2+000

GHANI, RIZZAL ABDUL (2017) Evaluasi Perkerasan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI), Pemeliharaan, dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Bener (Sragen Ngawi – Wonocolo) STA 0+000 -2+000. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (204Kb)

    Abstract

    Rizzal Abdul Ghani, 2017. Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan, dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Bener (Sragen Ngawi – Wonocolo) STA 0+000 -2+000. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jalan Bener (Sragen Ngawi – Wonocolo) merupakan salah satu jalan alternatif penghubung Kabupaten Sragen dengan Kabupaten Karanganyar. Selain itu jalan ini berada dalam kawasan industri yang mengakibatkan frekuensi kendaraan berat maupun ringan yang melintasi jalan tersebut cukup tinggi. Sehingga kerusakan jalan sangat sering terjadi. Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Bener (Sragen Ngawi – Wonocolo) dengan panjang jalan 2,00 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu tiap 50 m. Kemudianm tiap segmen jalan dilakukan pengamatan (secara visual) dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis keruskan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan nilai PCI. Dari hasil pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa alligator cracking, longitudinal and transverse cracking, edge cracking, depression, potholes, patching and utility cut patching. Kerusakan ini hanya terjadi pada beberapa segmen dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada, yaitu dengan pengisian retak, laburan aspal setempat, dan penambalan. Sesuai perhitungan tebal lapisan ulang sesuai umur rencana yaitu 10 tahun. Durasi waktu pekerjaan Jalan Bener (Sragen Ngawi – Wonocolo) adalah 4 minggu. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms. 744. Kemudia dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam upaya perbaikan dan peningkatan mutu pada Jalan Bener (Sragen Ngawi – Wonocolo) KM 0+000 – 2+000 tahun 2017 adalah sebesar Rp. 1.723.722.051. Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), LASTON, RAB.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 26 Nov 2017 20:29
    Last Modified: 26 Nov 2017 20:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36514

    Actions (login required)

    View Item