ANALISIS PENGARUH NORMA SUBYEKTIF, KEPUASAN, DAYA TARIK ALTERNATIF, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP NIAT BERALIH KE ROKOK ELEKTRIK

S, RACHELLA POERNOMO (2017) ANALISIS PENGARUH NORMA SUBYEKTIF, KEPUASAN, DAYA TARIK ALTERNATIF, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP NIAT BERALIH KE ROKOK ELEKTRIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh norma subyektif, kepuasan, daya tarik alternatif, dan kebutuhan mencari variasi terhadap niat beralih ke rokok elektrik. Penelitian ini dilakukan pada pengguna rokok konvensional di Surakarta yang memiliki niat beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner yang diberikan kepada responden. Sampel terdiri dari 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji analisis berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi, Y = 0,655 + 0,188 X 1 + 0,303 X 2 + 0,190 X 3 + 0,135 X 4. Keempat variabel bebas ini disimpulkan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Niat Beralih secara simultan dan parsial. Angka Adjusted R Square sebesar 0,522. Artinya bahwa 52,2% variabel Niat Beralih akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Norma Subyektif(X 1 ), Kepuasan (X 2 ), Daya Tarik Alternatif (X 3 ), dan Kebutuhan mencari variasi (X 4 )). Sedangkan sisanya 47,8% variabel Niat Beralih akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Keterbatasan penelitian ini adalah objek pengamatan yang digunakan dalam penelitian ini hanya difokuskan pada perilaku niat beralih terhadap produk rokok elektrik. Selain itu sampel yang ditentukan hanya lingkup wilayah kota Surakarta saja. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat melengkapi kekurangan yang ada pada penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 26 Nov 2017 19:35
    Last Modified: 26 Nov 2017 19:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36501

    Actions (login required)

    View Item