PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X IPS 1 SMA N 2 BOYOLALI

NUGROHO, GILANG AKBAR (2017) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X IPS 1 SMA N 2 BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (783Kb)

    Abstract

    Gilang Akbar Nugroho. K4313034. PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X IPS 1 SMA N 2 BOYOLALI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui Project Based Learning pada materi pencemaran dan daur ulang limbah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Masing-masing siklus penelitian terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA N 2 Boyolali sejumlah 37 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi kelas, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan masing-masing aspek kemampuan berpikir kreatif pada pra-siklus yaitu fluency 25,4% termasuk dalam kategori kurang, flexibility 24,8% termasuk dalam kategori kurang, originality 15,9% termasuk dalam kategori kurang, dan elaboration 18,6% termasuk dalam kategori kurang. Capaian persentase masing-masing aspek kemampuan berpikir kreatif pada siklus I yaitu fluency 32,7% termasuk dalam kategori kurang, flexibility 41,8% termasuk dalam kategori cukup, originality 37% termasuk dalam kategori cukup, dan elaboration 40,5% termasuk dalam kategori cukup. Capaian persentase masing-masing aspek kemampuan berpikir kreatif pada siklus II yaitu fluency 78,6% termasuk dalam kategori kreatif, flexibility 52,1% termasuk dalam kategori cukup, originality 48,9% termasuk dalam kategori cukup, dan elaboration 58,6% termasuk dalam kategori cukup. Capaian persentase kemampuan berpikir kreatif siswa dari pra-siklus hingga siklus II telah mengalami peningkatan sesuai target penelitian yakni adanya kenaikan kategori kemampuan berpikir kreatif dari kurang kreatif ( <33%) menjadi cukup kreatif (33%-67%). Kata kunci : Project based learning, kemampuan berpikir kreatif, pencemaran, daur ulang limbah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 25 Nov 2017 23:05
    Last Modified: 25 Nov 2017 23:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36462

    Actions (login required)

    View Item