ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN DANA DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA DAN DAERAH (STUDI PADA DESA NANGGUNGAN KECAMATAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI)

SASONGKO, FEMBRIANTO (2017) ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN DANA DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA DAN DAERAH (STUDI PADA DESA NANGGUNGAN KECAMATAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (982Kb)

    Abstract

    ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN DANA DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA DAN DAERAH (STUDI PADA DESA NANGGUNGAN KECAMATAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI) Fembrianto Sasongko NIM: F1315043 Penelitian ini memfokuskan perhatian pada pertanggungjawaban pengelolaan dana desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pertanggungjawaban pengelolaan dana desa dalam kaitannya dengan keuangan negara dan keuangan daerah. Penelitian dilakukan pada Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul, sebagai entitas yang memperoleh dana desa. Penelitian dilakukan dengan riviu dokumen pelaporan dan pertanggungjawaban, wawancara secara mendalam, dan dengan cara pengamatan langsung pada proses pertanggungjawaban dana desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana desa yang jumlahnya besar membawa dampak positif terhadap pembangunan desa, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Pembangunan yang dilaksanakan melibatkan peran aktif masyarakat desa. Desa merupakan suatu entitas pelaporan. Dari sisi pertanggungjawaban, pelaporan dana desa sudah dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Akan tetapi pengawasan terhadap pengelolaan dana desa masih lemah. Kata Kunci : Dana Desa, Entitas Pelaporan, Partisipatif, Pertanggungjawaban

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 25 Nov 2017 22:31
    Last Modified: 25 Nov 2017 22:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36452

    Actions (login required)

    View Item