STUDI KOMPARASI METODE KOOPERATIF MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SEMESTER GASAL SMA NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006

Sulistyawati, Etik (2006) STUDI KOMPARASI METODE KOOPERATIF MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SEMESTER GASAL SMA NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (153Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran model TGT dalam meningkatkan hasil belajar siswa sub pokok bahasan Sistem Periodik Unsur dibandingkan dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian "Randomized Control Group Pretest-Posttest Design" untuk aspek kognitif sedangkan untuk aspek afektif dan aspek psikomotor digunakan "Randomized Control - Group Only Design". Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester gasal SMA Negeri 1 Gemolong tahun pelajaran 2005/2006, sebanyak 7 kelas. Sampel terdiri dari 3 kelas, kelas X E sebagai kelas eksperimen 1, kelas X A sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas X C sebagai kelas kontrol yang dipilih secara random sampling. Data utama penelitian ini adalah berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak (pihak kanan). Hasil analisis data menggunakan uji-t satu pihak (pihak kanan) diperoleh pencapaian hasil belajar siswa kelas eksperimen TGT lebih tinggi daripada kelas eksperimen STAD dan kelas kontrol untuk aspek kognitif (thitung > ttabel = 3,8383 > 1,66) dan (thitung > ttabel = 5,1384 > 1,66), untuk aspek afektif (thitung > ttabel = 5,0086 > 1,66) dan (thitung > ttabel = 9,1509 > 1,66), untuk aspek psikomotor (thitung > ttabel = 2,3058 > 1,66) dan (thitung > ttabel = 7,2042 > 1,66) dengan a = 5% dan pencapaian hasil belajar siswa kelas eksperimen STAD lebih tinggi daripada kelas kontrol untuk aspek kognitif (thitung > ttabel = 1,7248 > 1,66), untuk aspek afektif (thitung > ttabel = 4,2467 > 1,66) dan untuk aspek psikomotor (thitung > ttabel = 4,3934 > 1,66) dengan a = 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia sub pokok bahasan Sistem Periodik Unsur dengan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Hidayati Alifah
    Date Deposited: 14 Jul 2013 15:20
    Last Modified: 14 Jul 2013 15:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3644

    Actions (login required)

    View Item