PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Sektor Real Estate dan Property pada Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2014)

C, YUSTINA WAHYU (2017) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Sektor Real Estate dan Property pada Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (732Kb)

    Abstract

    PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Sektor Real Estate dan Property pada Bursa Efek Indonesia Periode 2005–2014) Oleh YUSTINA WAHYU CAHYANINGRUM NIM. S411508021 Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh ROA, ROE, PER, dan EPS secara simultan maupun parsial terhadap perubahan harga saham pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005 sampai 2014. Dalam penelitian ini variabel independen yang meliputi ROA, ROE, PER, dan EPS diduga berpengaruh terhadap perubahan harga saham pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005 sampai 2014. Data penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari ICMD dan IDX serta sumber pendukung yang lain. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Dengan teknik pengambilan sampel yang ditentukan telah diperoleh 22 perusahaan real estate dan property dari 31 perusahaan yang terdaftar di ICMD, dengan jumlah observasi sebanyak 222 perusahaan. Sebelum melakukan uji hipotesis yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji asumsi klasik sebagai analisis pendahulu. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel independen yang terdiri dari ROA, ROE, PER, dan EPS tahun 2005-2014 secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu perubahan harga saham. Adapun secara parsial, variabel ROA, PER, dan EPS berpengaruh signifikan positif, sedangkan variabel ROE berpengaruh signifikan negatif terhadap perubahan harga saham. Hasil uji R square pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel ROA, ROE, PER, dan EPS memiliki pengaruh 10,1% terhadap perubahan harga saham. Kata kunci: ROA, ROE, PER, EPS, perubahan harga saham

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 24 Nov 2017 23:15
    Last Modified: 24 Nov 2017 23:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36410

    Actions (login required)

    View Item