Tinjauan Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu di PT Bank Tabungan Negara Cabang Slamet Riyadi Surakarta

IBRAHIM, YUSNITA (2017) Tinjauan Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu di PT Bank Tabungan Negara Cabang Slamet Riyadi Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (565Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yusnita Ibrahim. E0013429. TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA DALAM PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DI PT BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) Tbk CABANG SLAMET RIYADI SURAKARTA. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perlindungan hukum dan hambatan-hambatan terhadap pekerja dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu di PT Bank Tabungan Negara, sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Kepmenakertrans N0.Kep.100/MEN/VI/2004 tentang Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu. Penelitian hukum ini merupakan penilitian normatif atau doktrinal, dan bersifat preskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Sumber bahan hukum yang digunakan berupa bahan hukum primer dan sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan. Tehnik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah silogisme dengan menggunakan pola berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dihasilkan simpulan belum sepenuhnya mendapat perlindungan hukum terhadap pekerja dalam perjanjian kerja waktu tertentu di PT Bank Tabungan Negara. Prosedur penyusunan PKWT dalam PT BTN cabang slamet riyadi tidak dicatatkan di dinas tenaga kerja dan perindustrian di Surakarta yang telah diatur di dalam Kepmenakertrans No.100/MEN/VI/2004 tentang Pelaksanaan perjanjian kerja waktu tertentu serta adanya masa percobaan dalam PKWT tersebut. Jenis pekerjaan yang digunakan dalam PKWT ini bersifat tetap atau terus menerus bukan merupakan perkerjaan yang bersifat musiman atau berhubungan dengan produk baru atau pekerjaan yang bersifat sementara yang tidak sesuai dengan Undang-undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam pemenuhan hak-hak pekerja tidak semua hak-hak pekerja dipenuhi seperti pekerja tidak mendapatkan hak cuti dan upah lembur yang tidak sesuai dengan peraturan KEPMENAKERTRANS No.102/MEN/VI/2004 tentang waktu kerja lembur dan upah lembur. Hambatan dalam PKWT ini yaitu, terjadinya banyak penafsiran tentang jangka waktu tertentu dan lemahnya kualitas dan kuantitas pegawai pengawas serta kurangnya fasilitas yang ada dalam melakukan pengawasan. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pekerja, Perjanjian kerja waktu tertentu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 24 Nov 2017 23:12
    Last Modified: 24 Nov 2017 23:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36409

    Actions (login required)

    View Item