Analisis Pengaruh Kinerja Perusahaan dan Faktor Makro Ekonomi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2016

P, YOSUA GRAZIANDI (2017) Analisis Pengaruh Kinerja Perusahaan dan Faktor Makro Ekonomi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1094Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jangka pendek dan jangka panjang dari faktor kinerja perusahaan dan faktor makro ekonomi terhadap return saham perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Variabel faktor kinerja perusahaan yang dipakai adalah Return on Asset, Return on Equity, dan Earning per Share. Sementara itu, variabel makro ekonomi yang dipakai adalah inflasi, BI rate, dan kurs rupiah. Perusahaan yang dijadikan sampel dalam adalah PT Gudang Garam Tbk (GGRM), dan PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP). Metode yang digunakan adalah Error Correction Model (ECM) yang dikembangkan oleh Engel-Granger dengan lama penelitian antara tahun 2009 sampai 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Return on Asset, Return on Equity, Earning per Share, inflasi, BI rate, dan kurs rupiah memiliki hubungan jangka panjang terhadap return saham pada kedua perusahaan tersebut. Sementara itu, secara parsial laju Earning per Share, inflasi, BI rate, dan kurs rupiah memiliki pengaruh terhadap laju return saham pada PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dalam jangka pendek. Berbeda dengan hasil tersebut, secara parsial hanya laju Return on Equity dan BI rate yang memiliki pengaruh terhadap laju return saham pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) dalam jangka pendek.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 24 Nov 2017 23:06
    Last Modified: 24 Nov 2017 23:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36407

    Actions (login required)

    View Item