PENGARUH VARIASI TOOL TILT ANGLE DAN TOOL ROTATIONAL SPEED TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR PADA FRICTION STIR WELDING DENGAN ANSYS CFX

Adhani, Fahry (2017) PENGARUH VARIASI TOOL TILT ANGLE DAN TOOL ROTATIONAL SPEED TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR PADA FRICTION STIR WELDING DENGAN ANSYS CFX. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3238Kb)

    Abstract

    Paramater pengelasan dalam Friction Stir Welding seperti tool tilt angle dan tool rotational speed sangat berpengaruh terhadap kualitas parameter pengelasan. Pemodelan dilakukan untuk mengurangi jumlah eksperimen yang dilakukan, juga untuk mendapatkan data distribusi temperatur yang lebih akurat dan menekan biaya proses eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tool tilt angle dan tool rotational speed terhadap distribusi temperatur pada pemodelan FSW menggunakan software ANSYS CFX. Material yang digunakan pada tool adalah steel BOHLER K100, dan pada workpiece adalah Alumunium Aloy 2024. Variasi tool tilt angle yang digunakan pada penelitian ini adalah 1° hingga 4° dengan interval 1°, sedangkan untuk tool rotational speed menggunakan variasi 1100, 1200, dan 1300 rpm. Pada tiap variasi didapatkan temperatur pada sisi advance selalu lebih tinggi dari pada sisi retreat. Tool tilt angle berpengaruh terhadap distribusi temperatur ditunjukkan dari lebih besarnya peningkatan distribusi temperatur pada variasi sudut kemiringan tool 3° dan 4° dibandingkan variasi kemiringan 1° dan 2°. Distribusi temperatur pada posisi awal akan meningkat seiring peningkatan kecepatan rotasi. Pada posisi tengah perbedaan besar peningkatan temperatur mengakibatkan temperatur akhir yang hampir sama pada ketiga variasi. Pada posisi akhir variasi kecepatan rotasi paling kecil memiliki temperatur yang lebih besar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 21:53
    Last Modified: 24 Nov 2017 21:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36386

    Actions (login required)

    View Item