Pengaruh Ambiguitas Peran, Konflik Peran, dan Kepatuhan Pada Kode Etik Terhadap Independensi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (Studi Empiris pada Inspektorat di Jawa Timur)

Permadi Reza B, Eka (2017) Pengaruh Ambiguitas Peran, Konflik Peran, dan Kepatuhan Pada Kode Etik Terhadap Independensi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (Studi Empiris pada Inspektorat di Jawa Timur). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (796Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh ambiguitas peran, konflik peran, dan kepatuhan pada kode etik terhadap independensi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Jawa Timur. Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif ini menggunakan sumber data primer dengan mengambil sampel sebanyak 170 APIP pada Inspektorat di Jawa Timur. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ambiguitas peran dan konflik peran memiliki pengaruh negatif terhadap independensi APIP, sementara kepatuhan pada kode etik memiliki pengaruh positif terhadap independensi APIP. Hal ini menunjukkan semakin tinggi situasi ambiguitas dan konflik peran yang dirasakan oleh APIP, maka akan semakin melemahkan komitmennya untuk menjaga independensi dalam bertugas. Namun tidak begitu dengan kepatuhan pada kode etik, semakin tinggi kepatuhan APIP pada kode etiknya, maka akan semakin meningkatkan komitmennya untuk menjaga independensi dalam bertugas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 21:39
    Last Modified: 24 Nov 2017 21:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36378

    Actions (login required)

    View Item