PEMAHAMAN KOMPREHENSIF MATERI KONSEP MOL SESUAI “MAHAFFY‟S TETRAHEDRAL CHEMISTRY EDUCATION : THE FUTURE SHAPE OF CHEMISTRY EDUCATION” (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA KIMIA TAHUN PERTAMA TECHNISCHE UNIVERSITÄT DRESDEN, JERMAN)

Wahyu Prabowo, Doni (2017) PEMAHAMAN KOMPREHENSIF MATERI KONSEP MOL SESUAI “MAHAFFY‟S TETRAHEDRAL CHEMISTRY EDUCATION : THE FUTURE SHAPE OF CHEMISTRY EDUCATION” (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA KIMIA TAHUN PERTAMA TECHNISCHE UNIVERSITÄT DRESDEN, JERMAN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (991Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk pendidikan kimia tetrahedral yang disebut sebagai masa depan pendidikan kimia, (2) pemahaman komprehensif mahasiswa kimia tahun pertama Technische Universität Dresden sesuai bentuk pendidikan kimia tetrahedral pada materi konsep mol. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kimia tahun pertama di Technische Universität Dresden, Jerman. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) bentuk pendidikan kimia tetrahedral merupakan bentuk pendidikan kimia yang menempatkan substansi kimia (makroskopis), representasi simbolis (simbol), dan proses kimia (molekuler) dalam konteks kehidupan manusia (elemen manusia) dengan mengintegrasikan konten dan konteks, tanpa menekankan pada satu hal dan mengorbankan hal lainnya, (2) mahasiswa kimia tahun pertama Technische Universität Dresden telah memahami secara komprehensif konsep mol yang dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari, di mana siswa mampu mencari informasi makroskopis dari pernyataan yang bersifat kontekstual dengan kehidupan manusia kemudian dengan menggunakan simbol dan rumus dapat mengetahui komponen yang bersifat molekuler serta mampu untuk menginterpretasikan dan menganalisis permasalahan secara efektif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 21:23
    Last Modified: 24 Nov 2017 21:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36371

    Actions (login required)

    View Item