PENERAPAN PELAYANAN PRIMA KEPADA PESERTA JAMINAN SOSIAL PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJA KCP BOYOLALI

PRIAMBODO, DANANG AJI (2017) PENERAPAN PELAYANAN PRIMA KEPADA PESERTA JAMINAN SOSIAL PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJA KCP BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (578Kb)

    Abstract

    DANANG AJI PRIAMBODO, D1514026, PENERAPAN PELAYANAN PRIMA KEPADA PESERTA JAMINAN SOSIAL PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJA KCP BOYOLALI, Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Sebelas Maret, 2017, 88 Halaman. Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern, dewasa ini makin terbukanya aspirasi masyarakat dalam mengungkapkan kritik terhadap kualitas pelayanan publik. Pemerintah selaku pelayann publik dituntut untuk memberikan pelayanan yang optimal untuk semua program program untuk masyarakat, salah satu program yang dituntut untuk memberikan pelayanan optimal yaitu Jaminan Sosial Nasional (JSN) dibidang ketenagakerjaan, yang merupakan program untuk melindungi tenaga kerja, dengan terus berkembangnya program dan semakin banyaknya peserta jaminan ketenagakerjaan, dibutuhkan pula pelayanan yang optimal untuk kepuasan peserta jaminan ketenagakerjaan. Dengan latar belakang tersebut penulis mengadakan pengamatan di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang perintis Boyolali mengenai penerapan pelayanan prima kepada peserta jaminan sosial. Pengamatan ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan pelayanan prima kepada peserta jaminan sosial pada badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerja KCP Boyolali, jenis pengamatan yang digunakan adalah observasi berperan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, serta mengkaji dokumen dan arsip. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, penerapan pelayanan prima kepada peserta jaminan sosial ketenagakerjaan dalam bentuk beberapa aspek meliputi : process yang meliputi alur pelayanan atau prosedur, people yang meliputi sikap, perilaku, salam dan gerak petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan prima, physical evidance meliputi aspek fisik kantor pelayanan, ketiga aspek tersebut sebagai upaya demi memberikan kepuasan bagi para peserta jaminan. Dari pengamatan ini menunjukan bahwa penerapan pelayanan prima kepada peserta jaminan sosial ketenagakerjaan pada BPJS Ketenagakerjaan KCP Boyolali telah dilaksanakan sesuai dengan service blueprint BPJS Ketenagakerjaan serta sesuai dengan dasar hukumnya dalam memberikan pelayanan. Kata Kunci : Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Pelayanan Prima

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 24 Nov 2017 21:21
    Last Modified: 24 Nov 2017 21:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36367

    Actions (login required)

    View Item