Analisa fluks neutron pada beamport tidak tembus radial sebagai fasilitas pengembangan subcritical assembly for molybdenum production (SAMOP) reaktor kartini

Filani Cahya Ningrum, Dian (2017) Analisa fluks neutron pada beamport tidak tembus radial sebagai fasilitas pengembangan subcritical assembly for molybdenum production (SAMOP) reaktor kartini. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (991Kb)

    Abstract

    Telah dilakukan pengukuran fluks neutron pada beamport tidak tembus radial reaktor Kartini. Nilai fluks terukur dapat dijadikan salah satu dasar pengambilan keputusan menentukan layak tidaknya reaktor Kartini dimanfaatkan untuk mendukung fasilitas Subcritical Assembly For Molybdenum (SAMOP). Metode penelitian yang digunakan adalah pengukuran tidak langsung dengan analisis aktivasi neutron (AAN) keping 197Au. Pada penelitian ini digunakan dua macam keping 197Au yaitu keping yang dibungkus 113 Cd dan yang tidak dibungkus dengan 113Cd dan diletakkan di beamport tidak tembus radial. Fluks neutron total dideteksi menggunakan keping tidak terbungkus dan fluks neutron cepat dideteksi menggunakan keping yang terbungkus. Besarnya fluks neutron termal diperoleh dari selisih fluks neutron total dengan fluks neutron cepat. Hasil pengukuran untuk fluks neutron total, cepat dan termal berturut-turut sebesar (2,0±0,2)×〖10〗^6 〖 n cm〗^(-2) s^(-1), (0,50±0,12)×〖10〗^6 〖 n cm〗^(-2) s^(-1) dan (1,5±0,4)×〖10〗^6 〖 n cm〗^(-2) s^(-1). Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan reaktor Kartini dapat dimanfaatkan untuk mendukung fasilitas SAMOP. Kata kunci : Fluks Neutron, Beamport, SAMOP, AAN, Reaktor Kartini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 21:13
    Last Modified: 24 Nov 2017 21:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36364

    Actions (login required)

    View Item