STUDI KOMPARASI CAPAIAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DISERTAI PRAKTIKUM DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

AENI, ANNISA AUL (2017) STUDI KOMPARASI CAPAIAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DISERTAI PRAKTIKUM DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (731Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian yaitu mengetahui perbedaan capaian keterampilan komunikasi siswa antara penerapan model kooperatif tipe jigsaw disertai praktikum dengan penerapan model guided discovery pada siswa kelas XI IPA SMAN 3 Boyolali. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian kuantitatif bersifat quasi experimental research atau penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Sampel terpilih antara lain kelas XI IPA 4, XI IPA 1 dan XI IPA 2. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran jigsaw disertai praktikum dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran guided discovery. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi. Analisis data dibantu dengan program SPSS versi 21.0. Analisis data dilakukan dengan uji One Way ANOVA (Analysis of Varians) dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) dan dilanjutkan dengan uji Tukey HSD. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan komunikasi oral siswa antara penerapan model kooperatif tipe jigsaw disertai praktikum dengan penerapan model guided discovery pada siswa kelas XI IPA SMAN 3 Boyolali Tahun ajaran 2016/2017. Penerapan model kooperatif tipe jigsaw disertai praktikum sensitif terhadap komunikasi oral pada tahap presentasi oral sehingga dapat digunakan untuk melatihkan speaking skills, sedangkan penerapan model guided discovery sensitif terhadap terhadap komunikasi oral pada tahap ceramah/orientasi sehingga dapat digunakan untuk melatihkan listening skills dan interpersonal communication skills.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 24 Nov 2017 20:54
    Last Modified: 24 Nov 2017 20:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36347

    Actions (login required)

    View Item