UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BAGI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ARUM A, AGUSTINE TIYA (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BAGI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (857Kb)

    Abstract

    Agustine Tiya Arum Anggarani. K1312003. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJARMATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BAGI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun 2016/2017. 2) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun 2016/2017). 3) mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) memberikan dampak terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data adalah triangulasi penyidik. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas belajar siswa dan pelaksanaan proses pembelajaran melalui observasi, data prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh melalui tes, dan data berupa foto dan video pembelajaran melalui dokumentasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah: 1a) banyaknya siswa yang mencapai kategori aktivitas belajar tinggi pada pembelajaran matematika mencapai lebih dari atau sama dengan 70% dari banyaknya siswa di kelas tersebut, 1b) rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai lebih dari atau sama dengan 70%, 2) persentase banyaknya siswa yang mencapai KKM 75 pada skor akhir siklus mencapai lebih dari atau sama dengan 75% dari banyaknya siswa yang mengikuti tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe SFE yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar matematika siswa adalah: 1) Kegiatan Pendahuluan: guru memberikan apersepsi, tujuan pembelajaran, motivasi dan gambaran model pembelajaran yang akan diterapkan, 2) Kegiatan Inti: a) guru menjelaskan materi sedikit, b) guru membentuk kelompok secara heterogen, c) siswa diberi waktu mengerjakan LKS secara individu, d) guru menunjuk 2 siswa pada tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya secara bergantian, 2 siswa yang lain sebagai pendengar, e) guru menunjuk satu kelompok untuk presentasi di depan kelas, f) guru memberikan konfirmasi 3) Kegiatan Penutup: guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran, menginformasikan materi atau kegiatan yang dilakukan pertemuan berikutnya. Dari hasil observasi pada siklus I, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 65.75%, banyaknya siswa yang mencapai kategori aktivitas belajar siswa tinggi adalah 17 siswa (54.84%), dan dari hasil tes prestasi belajar matematika diperoleh presentase ketuntasan nilai tes sebesar 70.97%. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 9.17% menjadi 74.92%, banyaknya siswa yang mencapai kategori aktivitas belajar siswa tinggi meningkat sebesar 19.35% menjadi 74.19% atau sebanyak 23 siswa dan presentase ketuntasan nilai tes meningkat sebesar 6.45% menjadi 77.42%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci : Student Facilitator and Explaining (SFE), aktivitas belajar siswa, prestasi belajar matematika siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 24 Nov 2017 20:23
    Last Modified: 24 Nov 2017 20:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36324

    Actions (login required)

    View Item