Peningkatan Pemahaman Konsep Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Model Talking Stick Berbasis Media Audio Visual (Pada Siswa Kelas V SDN Ngoresan No. 80 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

Cahyo N., Ardhiyanto (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Model Talking Stick Berbasis Media Audio Visual (Pada Siswa Kelas V SDN Ngoresan No. 80 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3975Kb)

    Abstract

    Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Republik Indonesia melalui penerapan model Talking Stick berbasis media Audio Visual pada siswa kelas V SD Negeri Ngoresan No. 80 tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas V SD Negeri ngoresan No.80 tahun ajaran 2016/2017. Data yang digunakan adalah data pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Republik Indonesia, data aktivitas siswa, dan data aktivitas guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis selama dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Republik Indonesia dapat ditingkatkan melalui penerapan model Talking Stick berbasis media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri Ngoresan No. 80tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: pemahaman konsep, persiapan kemerdekaan Republik Indonesia, model Talking Stick, media Audio visual.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 17:43
    Last Modified: 24 Nov 2017 17:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36305

    Actions (login required)

    View Item