STUDI KINERJA DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PO DAMRI KORIDOR 1 KOTA SURAKARTA

Sholikhah, Annas (2017) STUDI KINERJA DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PO DAMRI KORIDOR 1 KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (662Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANNAS SHOLIKHAH, 2017,“STUDI KINERJA DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PO DAMRI KORIDOR 1 KOTA SURAKARTA” Transportasi merupakan hal yang penting dan sangat strategis dalam rangka memperlancar jalannya roda pembangunan serta mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan masyarakat, antara lain dalam hal pembangunan aspek ekonomi, pendidikan, industri, maupun sektor jasa dan perdagangan serta pariwisata. Seperti halnya angkutan umum untuk menunjang perkembangan transportasi di beberapa daerah termasuk di Kota Surakarta. Pada studi ini dilakukan analisis terhadap kinerja angkutan kota pada PO DAMRI Koridor 1 di Kota Surakarta. Tujuannya adalah pihak atau instansi terkait yang berkepentingan dapat mengevaluasi pengaturan pelayanan angkutan kota dan melihat peluang untuk menerapkan sistem trayek angkutan kota/perkotaan. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan indikator load factor, kecepatan operasional, kecepatan perjalanan, headway dan waktu tunggu. Selain itu juga dilakukan analisis perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) pada operasionalnya berdasarkan Pedoman Kementrian Pekerjaan Umum Pd T-15-2005-B berikut dengan analisa penentuan tarif. Metode yang digunakan adalah survei lapangan untuk mendapatkan data primer, kemudian diolah untuk dibandingkan dengan standar pelayanan sesuai Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.687/AJ.206/DRJD/2002. Dari hasil analisa, dapat disimpulkan bahwa kinerja load factor menghasilkan nilai sebesar 37,89% dengan standar kinerja Angkutan Umum Perkotaan berdasarkan SK Dirjen No.6 Tahun 2002 sebesar 70% yang berarti belum memenuhi standar. Indikator kecepatan berada di atas standar yang ditetapkan dengan hasil 26,06 km/jam untuk kecepatan operasional dan 20,91 km/jam untuk kecepatan perjalanan. Standar kecepatan yaitu 10-12 km/jam. Pada indikator headway, hasil di lapangan menunjukkan headway 12 menit atau di bawah standar ideal 5-10 menit. Waktu tunggu di lapangan menghasilkan nilai sebesar 6 menit dengan standar waktu tunggu 5-10 menit. Penumpang PO DAMRI Koridor 1 dengan persentase terbesar adalah berjenis kelamin laki-laki (56,44%), berumur 15-19 tahun (19,8%) dan bekerja swasta (26,73%). Analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dengan metode Kementerian Pekerjaan umum dan load factor 70% sesuai dengan ketetapan SK.687/AJ.206/DRDJ/2002 menghasilkan tarif sebesar Rp5.317,4660,- per pnp-rit. Kata kunci: kinerja angkutan umum, BOK, Kementerian Pekerjaan Umum

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 17:40
    Last Modified: 24 Nov 2017 17:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36303

    Actions (login required)

    View Item