PENGARUH PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Agung Y, Andika (2017) PENGARUH PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1149Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa pengungkapan intellectual capital berpengaruh terhadap cost of equity capital. Metode yang digunakan dalam pengukuran cost of equity capital adalah Ohlson Model. Indeks pengungkapan intellectual capital yang digunakan dalam penelitian ini adalah indeks Singh dan Zahn (2008). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor non-keuangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan intellectual capital berpengaruh negatif dan signifikan terhadap cost of equity capital. Penelitian ini menyertakan empat variabel kontrol, yaitu ukuran perusahaan (size), leverage, audit firm, dan return on asset. Dari keempat variabel kontrol tersebut leverage dan return on asset berpengaruh negative terhadap cost of equity capital, sedangkan variabel audit firm dan ukuran perusahaan (size) tidak berpengaruh terhadap cost of equity capital.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 17:11
    Last Modified: 24 Nov 2017 17:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36291

    Actions (login required)

    View Item