THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ LEARNING ACTIVITY AND STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT ON REACTION RATE SUBJECT USING COOPERATIVE LEARNING MODELS TYPE MAKE A MATCH OF CLASS XI SCIENCE 5 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017

Nina Aulia, Aisyah (2017) THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ LEARNING ACTIVITY AND STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT ON REACTION RATE SUBJECT USING COOPERATIVE LEARNING MODELS TYPE MAKE A MATCH OF CLASS XI SCIENCE 5 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (533Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar kimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match; (2) prestasi belajar kimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada materi pokok laju reaksi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 5 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan aktivitas belajar kimia siswa pada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Kebakkramat. Pada siklus I persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa sebesar 78,33%, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada materi laju reaksi siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Kebakkramat. Dalam penelitian ini prestasi belajar siswa yang dimaksud adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas pada aspek afektif adalah 81,67% dan aspek psikomotor adalah 100%. Untuk aspek kognitif pada siklus 1 dan 2 diperoleh ketercapaian sebesar 43,33% dan 86,67% siswa tuntas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 15:43
    Last Modified: 24 Nov 2017 15:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36283

    Actions (login required)

    View Item