Pengembangan Sistem Informasi Pemantauan Tugas Akhir Berbasis Web pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FKIP UNS

Prasetyo , Adriyanto (2017) Pengembangan Sistem Informasi Pemantauan Tugas Akhir Berbasis Web pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1086Kb)

    Abstract

    Adriyanto Prasetyo. K3513003. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TUGAS AKHIR BERBASIS WEB PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER FKIP UNS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi pemantauan tugas akhir berbasis web yang dapat digunakan untuk menyimpan data tugas akhir mahasiswa dan menampilkan data perkembangan penyusunan tugas akhir mahasiswa serta menguji kelayakan dari sistem informasi yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan sistem Waterfall yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) Communication untuk mengumpulkan kebutuhan sistem, (2) Planning untuk merancang fungsionalitas sistem, (3) Modelling dengan membuat Flowchart, DFD, ERD dan desain basis data, (4) Construction untuk mengimplementasikan rancangan ke dalam kode (program), dan (5) Deployment untuk pengujian sistem. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Pemantauan Tugas Akhir Berbasis Web yang dapat menyimpan data tugas akhir mahasiswa yang meliputi data judul, data bimbingan tugas akhir, data seminar proposal dan data ujian tugas akhir. Sistem informasi ini juga menghasilkan berkas kelengkapan tugas akhir yang dapat diunduh oleh mahasiswa dalam bentuk pdf serta menghasilkan laporan rekap yang dapat dijadikan acuan bagi program studi untuk mengambil kebijakan terkait tugas akhir. Hasil pengujian sistem menunjukan bahwa produk Sistem Informasi Pemantauan Tugas Akhir Berbasis Web yang dikembangkan memiliki nilai akhir dari ahli sistem informasi sebesar 84,67 , dari ahli substansi administrasi sebesar 93,17 , dari dosen pembimbing sebesar 88,5 dan dari mahasiswa sebesar 90 sehingga dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Pemantauan Tugas Akhir ini sangat layak untuk digunakan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 15:35
    Last Modified: 24 Nov 2017 15:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36279

    Actions (login required)

    View Item