STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECAP (STUDI KASUS PERUSAHAAN KECAP MIROSO DI KABUPATEN KLATEN)

Dwi Jayanto, Aditya (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECAP (STUDI KASUS PERUSAHAAN KECAP MIROSO DI KABUPATEN KLATEN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (339Kb)

    Abstract

    Abstrak : Perusahaan Kecap Miroso adalah salah satu perusahaan kecap yang berada di Kabupaten Klaten yang masih memiliki potensi untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman; merumuskan alternatif strategi; dan prioritas strategi untuk Perusahaan Kecap Miroso. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan teknik studi kasus. Alat analisis yang digunakan adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT dan Matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Kecap Miroso berada di kuadran I (Progresif). Alternatif strategi pengembangan untuk Perusahaan Kecap Miroso meliputi: Peningkatan mutu SDM melalui pelatihan guna menjaga kualitas produk, Diversifikasi kemasan produk kecap ke kemasan sachet guna menambah segmen pasar baru pada konsumen rumah tangga, Menetapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam menjalankan proses produksi guna menjaga kualitas kecap yang dihasilkan, Pemasaran kecap ke wilayah yang baru guna meningkatan kuantitas penjualan yang berdampak pada peningkatan omset perusahaan. Prioritas strategi berdasarkan Matriks QSP diperoleh skor 5,9635 adalah Diversifikasi kemasan produk kecap ke kemasan sachet guna menambah segmen pasar baru pada konsumen rumah tangga.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 15:30
    Last Modified: 24 Nov 2017 15:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36276

    Actions (login required)

    View Item