PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS ANCAMAN TERHADAP NEGARA DAN UPAYA PENYELESAIANNYA DI BIDANG IPOLEKSOSBUDHANKAM DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA (Studi Pada Siswa Kelas X di SMA NEGERI 1 KARTASURA Tahun Pelajaran 2016/2017)

Ika Sari, Dewi (2017) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS ANCAMAN TERHADAP NEGARA DAN UPAYA PENYELESAIANNYA DI BIDANG IPOLEKSOSBUDHANKAM DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA (Studi Pada Siswa Kelas X di SMA NEGERI 1 KARTASURA Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (839Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dewi Ika Sari. K6413018. PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS ANCAMAN TERHADAP NEGARA DAN UPAYA PENYELESAIANNYA DI BIDANG IPOLEKSOSBUDHANKAM DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA (STUDI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2016/2017) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa kelas X Tahun Pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran PPKn khususnya pada kompetensi dasar 3.6 menganalisis ancaman terhadap negara upaya penanganannya di bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM dalam bingkai bhinneka tunggal ika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakandesign penelitian true experimental design yaitu dengan model posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 403 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling, terpilih dua kelompok sampel yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, observasi, dan tes objektif. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data kuantitatif dengan analisis uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan rata-rata tes hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 87,756 dan kelas kontrol 78,702. Hasil uji t menunjukkan bahwa uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung>ttabel atau 5,5315>1,99346 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis rata-rata menunjukan bahwa hasil belajarkognitif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar pada kompetensi dasar menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Kata Kunci: Model pembelajaran Reciprocal Teaching, hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 13:39
    Last Modified: 24 Nov 2017 13:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36268

    Actions (login required)

    View Item